Search

Genjot Pariwisata, Anggaran Naik Drastis

JEPARA, suaramerdeka.com- Pemkab Jepara tahun ini akan menggenjot sektor pariwisata yang membawa konsekuensi peningkatan angaran. Sektor ini dianggarkan Rp 55,588 miliar untuk membangun sektor pariwisata atau meningkat drastis dibandingkan tahun lalu.

Tahun lalu, total anggaran untuk membangun sektor pariwisata hanya Rp 15,563 miliar atau naik sebesar Rp 40 miliar lebih. Sementara untuk anggaran infrastruktur tahun ini Rp 112,7 miliar atau turun dibanding tahun lalu Rp 157 miliar.

Wakil Bupati Jepara, Dian Kristiandi menjelaskan, peningkatan anggaran drastis di sektor pariwisata itu tak lepas dari fokus program Pemkab ingin menggenjot sektor pariwisata. Baik tempat wisata yang dikelola Pemkab mau pun oleh desa, tempat destinasi wisata itu berada.

Selain itu, tutur Dian, anggaran menyesuaikan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2017-2022. RPJMD periode ini, kata dia, berbeda dengan sebelumnya yang menggenjot pembangunan infrastruktur. Kendati demikian, ada beberapa poin di RPJMD periode sebelumnya disinkronkan dengan RPJMD tahun ini.

‘’Sebenarnya kita ingin anggaran infrastruktur juga meningkat. Tapi kemampuan anggaran yang terbatas. Kendati demikian, kita jamin jika pengerjaan infrastruktur jalan tahun ini akan lebih baik,’’ terang Dian Kristiandi, dalam konferensi pers di RM Pondok Rasa Jepara, kemarin. Hadir dalam jumpa pers Bupati Jepara Ahmad Marzuqi dan sejumlah pejabat di dinas terkait itu.

Tambah Fasilitas

Dian menegaskan jika pembangunan sektor pariwisata tak bisa lepas dari pembangunan infrastruktur jalan. Sebab menjadi percuma jika tempat wisata dibangun dengan baik namun akses menuju lokasi rusak.

‘’Jika saat ini jalan menuju lokasi wisata hanya selebar tiga meter, nanti kita usahakan menjadi tujuh meter bahkan delapan meter,’’ tandasnya.

Untuk alokasi anggaran puluhan miliar di sektor pariwisata itu, lanjut Dian, paling banyak akan digunakan untuk pembenahan destinasi wisata. Yakni mempercantik lokasi wisata dengan penambahan sejumlah fasilitas pendukung, baik wisata pantai maupun wisata alam di sejumlah desa di Lereng Muria Jepara.

Khusus untuk lokasi wisata yang dikelola desa, pihaknya akan memfasilitasi kebutuhan yang diperlukan sejauh tak melanggar aturan dengan menyesuaikan anggaran. Aturan yang dimaksud yakni tak tumpang tindih dengan pengalokasian dana desa (DD) di masing-masing desa. 

(Adi Purnomo /SMNetwork /CN40 )

Let's block ads! (Why?)

http://www.suaramerdeka.com/news/detail/21895/Genjot-Pariwisata-Anggaran-Naik-Drastis

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Genjot Pariwisata, Anggaran Naik Drastis"

Post a Comment


Powered by Blogger.