Search

Rendah, Kesadaran Perempuan dalam Deteksi Dini Kanker Serviks

SEMARANG, suaramerdeka.com- Kesadaran perempuan di Jawa Tengah dalam mendeteksi dini kanker servik baru mencapai 11 persen. Hal itu disampaikan Dr dokter T Mirza Iskandar SpOG (K) Onk, dokter spesialis Obstetri dan Ginekologi Rumah Sakit Kariadi Semarang, saat seminar nasional kesehatan wanita dengan tema Keep Strong, Stay Helathy Kanker Serviks dan Kanker Ovarium yang diselenggarakan Laboratorium Klinik Prodia di Hotel Pesonna Semarang, Sabtu (28/4). 

Ia menjelaskan, di Semarang ditemukan 300 sampai 400 kasus baru kanker serviks setiap bulannya. Sehingga membuat satu jam perempuan meninggal karena kanker serviks di Indonesia. 

"Sejak 2008, kesadaran perempuan melakukan deteksi kanker serviks hanya lima persen di Jawa Tengah, tetapi sekarang dalam posisi 11 perse,  namun itu masih rendah. Target saya saat itu 25 persen," katanya. 

Menurutnya deteksi dini kanker serviks sangat penting untuk tindakan preventif. Karena masih banyak perempuan yang mengabaikan. Jika dulu kanker serviks menyerang di usia 45 tahun keatas sekarang umur 35 tahun bisa terserang. 

"Padahal semakin dini mendeteksi kanker servik semakin besar peluang untuk sembuh," ucapnya. 

Selain deteksi dini dengan pemeriksaan media, lanjut Mirza, perempuan juga harus bisa mengantisipasi sendiri dengan menjaga organ reproduksi dan perilaku seksual serta pola hidup seimbang. 

Mirza juga berharap agar peran pemerintah untuk menanggulangi kanker serviks bisa terus dilakukan. Salah satunya dengan mengerahkan peran darma wanita di setiap daerah untuk mengaungkan deteksi dini kanker serviks. 

Endang Hariani, Regional Head Prodia Jawa Tengah dan DIY menambahkan, seminar ini dilakukan untuk membantu pemerintah dan menyadarkan masyarakat tentang bahaya kanker serviks. "Prodia berperan serta dalam melakukan edukasi terhadap pola hidup sehat terhadap organ reproduksi perempuan, sehingga bisa terbebas dari kanker serviks," jelasnya.  

Pemeriksaan rutin di laboratorium, lanjut Endang juga menjadi alternatif agar terhindar dari kanker serviks. Prodia pun telah menyediakan pemeriksaan sebagai langkah preventif seperti pemeriksaan pap smear dan HPV. 

(Cun Cahya /SMNetwork /CN40 )

Let's block ads! (Why?)

http://www.suaramerdeka.com/news/detail/24898/Rendah-Kesadaran-Perempuan-dalam-Deteksi-Dini-Kanker-Serviks

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Rendah, Kesadaran Perempuan dalam Deteksi Dini Kanker Serviks"

Post a Comment


Powered by Blogger.