Search

Bupati Pekalongan Terjebak Banjir Rob 70 Cm

PEKALONGAN, suaramerdeka.com– Dalam sepekan terakhir, banjir rob di wilayah pantura menggenangi permukiman warga hingga ketinggian 1 meter. Bahkan Bupati Pekalongan, Asip Kholbihi, yang mengajak Organisasi Perangkat Daerah (OPD), saat mengecek lokasi-lokasi genangan rob tinggi di wilayah kerjanya, terjebak banjir rob setinggi 70 cm pada Sabtu (28/4).

Rombongan bupati dan OPD yang menggunakan mobil, nekat masuk di Gang Donal yang disebut warga merupakan tempat rob tertinggi. Di lokasi tersebut, rombongan terjebak rob, dan air masuk ke dalam mobil. Kendati demikian, tidak terjadi kendala dalam pengecekan rob di Kecamatan Wonokerto tersebut.

"Beberapa hari ini terjadi ekskalasi peningkatan air rob di sepanjang pantai utara, Pecakaran, Jambean, Wonokerto Kulon, Wiradesa, Jeruksari. Kita sudah menyelesaikan tanggul mini di Mulyorejo dan hasilnya efektif. Sekaran ini kita sudah penetapan lokasi untuk pembangunan tanggul besar melintang," tandas bupati.

Paling Tinggi

Dalam sepekan terakhir, banjir rob kembali menggenangi permukiman penduduk di sepanjang pantai utara Kabupaten Pekalongan. Bahkan ketinggian air mencapai 70 cm hingga 1 meter di lingkungan warga, sehingga memunculkan kondisi memperihatinkan.

Rob paling tinggi menurut Umi, warga Desa Jambean, Kecamatan Wonokerto, terjadi Jumat (27/4) setinggi 1 meter. Bahkan nelayan di Kabupaten Pekalongan, pada hari tersebut tidak dapat melakukan lelang, karena Tempat Pelelangan Ikan (TPI) juga kebanjiran limpasan air laut.

"Jumat paling tinggi sampai satu meter, dan Sabtu (28/4) di Gang Donal desa ini masih tinggi 70 cm. Rob bikin kami tidak tenang dan tidak nyaman, karena munculnya tidak mesti, kadang sore sudah tinggi, kadang tengah malam tinggi," katanya.

Sedangkan terkait kondisi di Desa Pecakaran, Jambean, Kecamatan Wonokerto, Asip mengaku akan melakukan peninggian jalan sekitar satu meter, sepanjang 1 km pada tiga ruas jalan setempat, kemudian membuat tanggul untuk melindungi warga.

"Tadi kita terjebak rob tinggi, dan di sini memang merupakan lokasi yang parah, maka akan kita tangani langsung tahun ini menggunakan dana Rehabilitasi Rekonstruksi senilai Rp 7 miliar, serta langsung akan digarap tahun ini," jelas Asip. 

(Nur Khaeruddin /SMNetwork /CN40 )

Let's block ads! (Why?)

http://www.suaramerdeka.com/news/detail/24985/Bupati-Pekalongan-Terjebak-Banjir-Rob-70-Cm

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Bupati Pekalongan Terjebak Banjir Rob 70 Cm"

Post a Comment


Powered by Blogger.