Search

Sri Sultan Resmikan Agro Wisata Kampung Flory

SLEMAN, suaramerdeka.com- Setelah tiga tahun dirintis, agro wisata Kampung Flory di Dusun Pangukan, Desa Tridadi, Sleman diresmikan oleh Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X, Minggu (29/4). Peresmian dilakukan dengan penandatanganan prasasti oleh Sultan yang sebelumnya menyempatkan berkeliling area Kampung Flory.

Pada kesempatan itu diserahkan pula bantuan Program Sosial Bank Indonesia (PSBI), serta pelaksanaan Gerakan Nasional Non Tunai (GNTT) berupa implementasi elektronifikasi alat bayar non tunai dari empat bank yakni BNI, BRI, BPD, dan Bank Mandiri. 

Dalam arahannya, Sri Sultan berharap bantuan dari sejumlah kalangan yang nominalnya tidak sedikit itu dapat dikelola dengan baik. "Dengan demikian akan bermanfaat bagi perekonomian warga, dan mampu menumbuhkan kemandirian desa," tutur Sultan.

Pembina Kampung Flory, Sudihartono menjelaskan, agro wisata ini dirintis sejak tahun 2015. Konsep yang diusung berupa taruna tani, desa wisata, dan agro buah. Selama kurun waktu tersebut sudah berbagai fasilitas yang dibangun dengan total biaya mencapai Rp 4 miliar dari swadaya kelompok maupun bantuan hibah.

Kini, agro wisata yang berdiri diatas lahan seluas 4,5 hektare itu mampu menyedot rata-rata 20.000-25.000 pengunjung setiap bulan, dengan omset mencapai Rp 1 miliar.

"Harapan kami di masa mendatang, tempat ini bisa menjadi ikon wisata baru yang mensinergikan pertanian, pariwisata, pendidikan, lingkungan, dan kuliner dalam satu kawasan," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala BI DIY Budi Hanoto menyampaikan, dipilihnya Kampung Flory sebagai salah satu UMKM binaan karena didasarkan kajian, potensi ekonominya bisa dikembangkan secara luas. Disamping itu, ia juga melihat keseriusan pengelola dan masyarakat sekitar dalam mengembangkan usaha agro tersebut.

(Amelia Hapsari /SMNetwork /CN41 )

Let's block ads! (Why?)

http://www.suaramerdeka.com/news/detail/24946/Sri-Sultan-Resmikan-Agro-Wisata-Kampung-Flory

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Sri Sultan Resmikan Agro Wisata Kampung Flory"

Post a Comment


Powered by Blogger.