Search

Menteri Yohana: Perempuan Harus Diberi Akses Berbagai Bidang

SANUR, suaramerdeka.com- Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Yohana Yembise memandang Kartini sebagai sosok perempuan yang mampu melampaui zaman masyarakatnya yang hidup dalam kungkungan budaya feodal. Saat itu perempuan belum setara dengan laki laki di dalam bidang pendidikan.

"Hal ini tentunya tidak dimaksudkan untuk bersaing dengan laki-laki, namun kelak agar dapat bermanfaat untuk diri dan lingkungannya juga mampu mendidik anak dan generasi sesudahnya,” ujar Menteri Yohana pada saat menghadiri acara Peringatan Nasional Hari Kartini 2018 yang diselenggarakan oleh Parisadha Buddha Dharma Niciren Syosyu Indonesia (NSI), Bali, Sabtu (28/4). 

Menteri Yohana menambahkan, pendidikan yang layak bagi perempuan memungkinkan kaum perempuan memiliki kesempatan lebih baik untuk mendapatkan akses di berbagai bidang dalam kehidupan dan lingkungannya. Oleh karenanya,akses dan partisipasi perempuan di segala bidang pembangunan harus diberikan, sehingga perempuan dapat merasakan manfaat pembangunan mulai dari proses persiapan, pelaksanaan sampai dengan evaluasi program pembangunan.

Dengan demikian kesetaraan antara laki-laki dan perempuan dapat terwujud dan pembangunan dapat berjalan dengan baik.

Hal ini senada dengan pandangan Ketua Umum Parisadha Buddha Dharma NSI, Suhadi Sendjaja, bahwasanya di dalam ajaran Buddha sejak 3000 tahun lalu, Sadharma Pundarika Sutra, dikatakan bahwa tidak ada perbedaan antara laki laki maupun perempuan, semua individu mempunyai potensi jiwa Buddha dan bisa mencapai kesadaran Buddha. 

Dalam kesempatan tersebut Menteri Yohana memberikan Piagam Apresiasi bagi umat NSI yang telah berprestasi dan berkontribusi terhadap perkembangan dan kemajuan pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak. 

(Kemen PPPA /CN41 )

Let's block ads! (Why?)

http://www.suaramerdeka.com/news/detail/24935/Menteri-Yohana-Perempuan-Harus-Diberi-Akses-Berbagai-Bidang

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Menteri Yohana: Perempuan Harus Diberi Akses Berbagai Bidang"

Post a Comment


Powered by Blogger.