Search

Harga Pangan Stabil, Kemendag: Belum Perlu Intervensi Pasar

SEMARANG, suaramerdeka.com– Harga kebutuhan pokok masyarakat saat ini masih stabil, sehingga pemerintah dalam hal ini Kementerian Perdagangan belum melakukan intervensi pasar.

Staf Khusus Menteri Perdagangan Eva Yuliana mengatakan, perlunya sinergi bersama pemerintah daerah setempat dan instansi terkait lainnya di dalam menjaga harga kebutuhan pokok masyarakat menjelang bulan puasa.

Kementerian Perdagangan sudah meminta kepada pemda untuk memantau harga kebutuhan pokok dan ketersediaannya. Bahkan, pejabat setingkat eselon satu juga akan dilibatkan sebagai koordinator wilayahnya dan bertanggungjawab di tingkat provinsi.

Sedangkan untuk pejabat eselon dua, jelas Eva, bertanggungjawab pada beberapa kabupaten/kota.

“Ketika harga itu naik di atas 10 persen dari harga normalnya atau rerata, maka pemda harus segera melakukan operasi pasar. Artinya ada intervensi dari pemda setempat. Kemudian, nanti ketika ada yang naiknya tajam maka kita lakukan intervensi melalui operasi pasar,” kata Eva dilansir dari Radio Idola. 

Ditemui terpisah, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jateng Arif Sambodo mengatakan, sampai saat ini belum ada intervensi khusus yang dilakukan pihaknya menjelang bulan puasa.

Pihaknya saat ini tengah fokus menjaga suplai komoditas di pasaran agar permintaan masyarakat terpenuhi.

“Khusus kaitannya HET ini, tidak hanya bicara tentang ketersediaan tetapi kita juga menyangkut masalah distribusi. Kalau menyangkut masalah distribusi bukan karena infrastrukturnya, tapi mungkin yang lain. Kita akan bicarakan dengan instansi hilirnya,” ujarnya.

(ER Maya /CN19 )

Let's block ads! (Why?)

http://www.suaramerdeka.com/news/detail/24842/Harga-Pangan-Stabil-Kemendag-Belum-Perlu-Intervensi-Pasar

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Harga Pangan Stabil, Kemendag: Belum Perlu Intervensi Pasar"

Post a Comment


Powered by Blogger.