Search

Lebaran, Rest Area Kelangdepok Masih Darurat

PEMALANG, suaramerdeka.com-  Pada saat Lebaran mendatang, Rest Area Kelangdepok Pemalang belum sepenuhnya bisa digunakan untuk area peristirahatan penumpang baik mudik maupun balik Lebaran. Diperkirakan area itu belum rampung pengerjaannya dan masih dalam kondisi darurat, namun lumayan memadai untuk tempat istirahat.

Pimpro Pemalang Batang Tol Road (PBTR) PT Waskita Karya Aminudin mengakuai salah satu rest area jalan tol trans Jawa Pemalang itu baru dikerjakan Mei mendatang. Mengenai rest area yang hingga kini belum dilaksanakan pembangunannya, nantinya akan diletakkan di dua tempat.

Yakni  di Candiareng, Batang dan Kelangdepok, Pemalang. "Untuk rest area Kelangdepok rencana akan dimulai pembangunannya pada akhir April atau awal Mei 2018," kata Aminudin kepada sejumlah wartawan ketika memantau di Exit Tol Gandulan, kemarin.

Ketika ditanya bagaimana kondisi rest area tersebut, Aminudin menjelaskan kondisinya nanti masih fungsional. Atau masih darurat seperti pada  Lebaran 2017. Yaitu belum merupakan bangunan permanen. Hanya kerangka baca yang diberi atap. Dilengkapi fasilitas kamar kecil, penjualan bahan bakar, makanan, bengkel dan tempat salat.

Area Fungsional

Walaupun rest area dibangun mendekati Bulan Suci Ramadan, menurut Aminudin, bisa selesai hingga bisa digunakan secara fungsional. Pemudik bisa istirahat sejenak setelah menempuh perjalanan dari Jakarta. Pihak PBTR hanya akan membangun rest area di dua lokasi tersebut.

Mengenai pembangunan tolnya sendiri sejauh 6,6 kilometer dari Sewaka hingga Sitemu, masih di wilayah Pemalang, kini kondisi bangunannya sudah 80 persen. Pekerjaan yang sedang berjalan sekarang ini berupa pemasangan penerangan jalan umum (PJU), rambu dan fasilitas tol lainnya.

Sementara bagian tol lainnya yang masih menjadi tanggung jawab PBTR yakni dari Sitemu ke arah timur hingga Pasekaran, Batang. Kondisi sekarang masih dalam pekerjaan track tolnya. Antara lain berupa pengurukan tanah timbunan dan sebagian berupa pengecoran.

Hingga Lebaran tiba nanti diperkirakan kondisinya tidak sama seperti di ruas Sewaka-Sitemu yang sudah 90 persen jadi. Dengan demikian di ruas ini kondisinya masih darurat.

Namun, Aminudin memperkirakan ruas tol Sitemu-Pasekaran saat digunakan untuk mudik atau balik Lebaran nanti, kondisinya sudah blacktop aspal. Kedua ruas jalan tol itu akan dibuka Untuk kendaraan pada HM-10 Lebaran

(Saiful Bachri /SMNetwork /CN19 )

Let's block ads! (Why?)

http://www.suaramerdeka.com/news/detail/24775/Lebaran-Rest-Area-Kelangdepok-Masih-Darurat

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Lebaran, Rest Area Kelangdepok Masih Darurat"

Post a Comment


Powered by Blogger.