Search

E-Gamelanku Udinus Akan Lakukan Diplomasi Budaya ke Unesco

SEMARANG, suaramerdeka.com- Sejatinya diplomasi budaya dapat menjadi jalan keluar untuk setiap permasalahan budaya, berbangsa dan bernegara. "Budaya ini tidak mengenal batas, dapat dimengerti tanpa harus ada penjelasan maupun kata-kata,” ungkap Prof Dr Supriadi Rustad, MSi, Wakil Rektor I Universitas Dian Nuswantoro (Udinus), pada Selasa (3/4), saat persiapan tim E-gamelanku sebelum tampil di Paris Perancis.

Pada Juni dan Juli 2018 mendatang, Udinus akan unjuk kebolehan di United Nations Educational, Scientific dan Cultural Organization atau biasa disebut UNESCO. Dalam festival bertajuk Dances And Music of The World, UNESCO mengundang Udinus agar menampilkan e-gamelanku yang merupakan aplikasi yang menjadi andalan Udinus. Rencanannya, setelah tampil di UNESCO, Udinus akan tampil di  Animation Park Disneyland dan Kedutaan Besar Republik Indonesia di Paris, Prancis.

“Dalam konteks hidup bernegara, undangan Udinus ke UNESCO ini selain membanggakan juga sekaligus melestarikan budaya. Karena dengan budaya, dapat mencegah kita terjebak dalam radikalisme maupun rasisme. Udinus bangga melakukan diplomasi budaya dengan membawakan pertunjukan e-gamelanku ini, dan persiapan kami sudah 80 persen,” tambah Supriadi.

Dalam undangan tersebut Udinus akan membawa sekitar 30 orang yang terdiri dari 15 mahasiswa dan 15 dosen. Sejak beberapa bulan lalu, dosen dan mahasiswa telah mempersiapkan diri dengan terus berlatih agar dapat memberikan penampilan yang prima di UNESCO.

Penampilan e-gamelanku di UNESCO ini menjadi impian yang telah sekian lama dinanti-nanti. Karena sebelumnya, e-gamelanku juga pernah pentas di kancah internasional pada Juni dan Juli 2010 di Taiwan dan Singapura. Selain itu, Udinus juga telah mendapatkan Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI).

Kepala Humas Udinus, Agus Triyono SSos MSi mengatakan, terdapat sekitar delapan tembang Jawa yang akan dikumandangkan di ketiga tempat tersebut. Tiga tembang akan dikumandangkan di UNESCO yakni e-Gamelanku, Bedhoyo Nuswantoro dan Prajurit Nuswantoro. “Ini kesempatan yang tidak bisa kami sia-siakan begitu saja, kami akan tampil all out di ketiga tempat tersebut dan siap mewakili Indonesia disana,” tutur Agus.

(Setiawan Hendra Kelana /SMNetwork /CN40 )

Let's block ads! (Why?)

http://www.suaramerdeka.com/news/detail/21883/E-Gamelanku-Udinus-Akan-Lakukan-Diplomasi-Budaya-ke-Unesco

Bagikan Berita Ini

0 Response to "E-Gamelanku Udinus Akan Lakukan Diplomasi Budaya ke Unesco"

Post a Comment


Powered by Blogger.