Search

Sajikan Sendratari Ramayana Multietnis

PEKALONGAN, suaramerdeka.com- Peringatan HUT Ke-112 Kota Pekalongan akan dimeriahkan pentas Sendratari Ramayana multietnis dari keturunan Jawa, Tionghoa dan Arab. Pentas melibatkan 90 orang itu akan berlangsung di Kawasan Budaya Jetayu, Selasa (3/4).

‘’Dalam pentas kali ini, kami akan mengghadirkan enam seniman sarjana seni dari Solo yang sudah malang melintang dalam pentas seni. Kami juga mengundang bintang tamu dari Jakarta dan Surabaya,’’ kata Koordinator, pagelaran Sendratari Ramayana Pekalongan, Karya Budiman.

Karya mengatakan, seperti tahun-tahun sebelumnya, pentas sendratari itu menjadi daya tarik masyarakat Kota Batik. Bintang tamu dari Surakarta akan hadir, Guntur Widagdo Setya Aji yang berperan sebagai Rahwana , Setyo Aji (Anoman), Billy Ardianto (Kumbokarno),  Supriyanto (Jetayu), Devi (kidang kencana), Dewa (cakil), dan Kalamarica diperankan Mujiyono.

Sedangkan Rama Wijaya diperankan oleh The Boen Liong asal Surabaya yang lebih dikenal sebagai dalang dari Jawa Timur. Dewi Sinta diperankan The Sian Hwa  dan Trijata oleh The Lan Hwa asal Jakarta.

Penonton Membeludak

Menurut Karya Budiman, dalam pentas itu melibatkan beberapa sanggar baik yang dipimpin warga Tionghoa, Arab maupun Jawa.  Sanggar itu adalah sanggar Rahayu Raras yang dipimpin Tan Hong Bian dari etnis Tionghoa, Sanggar Ibu pertiwi (Ya Yang juga dari Tionghoa), Sanggar Cahyo Kedaton pimpinan Habib Muh Sahab dari etnis Arab serta, serta Sanggar Kaloka pimpinan Bambang Irianto etnis Jawa serta Grup Kesenian Singo Barong Abdi Budaya.

Karya menjelaskan, dari pengalaman, setiap pentas seni penonton selalu membeludak. Masyarakat Pekalongan gemar akan pentas seni, sehingga ketika ada pentas seni seperti wayang orang, sendratari, atau wayang kulit, peng unjung membeludak.

The Boen Liong ketika ditemui mengaku senang diundang menjadi bintang tamu dalam pentas sendratari Ramayana di Kota Pekalongan. ‘’Saya senang karena semata-mata bisa nguri-uri budaya Jawa  yang adiluhung,’’ katanya.

(Trias Purwadi /SMNetwork /CN40 )

Let's block ads! (Why?)

http://www.suaramerdeka.com/news/detail/21610/Sajikan-Sendratari-Ramayana-Multietnis

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Sajikan Sendratari Ramayana Multietnis"

Post a Comment


Powered by Blogger.