Search

Hologram Batik Asli Pekalongan, Dijamin Bergaransi

JAKARTA, suaramerdeka.com- Menyusul dengan dimasukkannya Batik ke dalam Daftar Representatif sebagai Budaya Tak-benda Warisan Manusia (Representative List of the Intangible Cultural Heritage of Humanity) oleh Unesco. Dalam Sidang ke-4 Komite Antar-Pemerintah (Fourth Session of the Intergovernmental Committee), tentang Warisan Budaya Tak-benda di Abu Dhabi pada tahun 2009. Maka pada Inacraft ke-18 tahun 2018, Asephi atas inisiatif dari BPC Pekalongan, telah mengeluarkan stiker hologram batik asli yang dipakai oleh pedagang perajin batik peserta Inacraft dari Pekalongan sebagai proyek percontohan.

Dijelaskan Ketum Badan Pengurus Cabang Asephi Pekalongan, Rommy Oktabirawa, Hologram batik ini menandai perlindungan batik tulis, cap atau kombinasi tulis cap khususnya kepada konsumen, untuk menjadi konsumen cerdas. "Hologram Batik Asli Bergaransi Asephi adalah dalam upaya menggaransi keaslian batik yang dibeli konsumen sebagai bentuk kepedulian Asephi, dalam rangka memberikan edukasi kepada khalayak. Bahwa yang dimaksud Batik adalah proses bukan dinilai dari motif, yang akibat kurang paham menilai mana batik asli maka masyarakat kebanyakan mengaggap produk yang bermotif batik adalah batik," kata Rommy di Jakarta, Kamis (26/4).

Selanjutnya penggunaan Hologram batik asli, yang diawali di Pekalongan dan daerah Jawa Tengah, atas inisiatif para pengurus Asephi di tahun 2018, sepakat untuk bersama-sama  mendukung upaya pelestarian batik asli. Juga memberikan edukasi kepada masyarakat pembeli dan pencinta batik yang diawali dengan produk-produk batik, yang dijual dalam program promosi yang diselenggarakan oleh Asephi dengan berbgai pertimbangan-pertimbangan.

Di antaranya, Hologram Batik Asli adalah jawaban teknologi atas upaya perlindungan budaya tak  benda. Hologram Batik Asli untuk menyegarkan bahwa batik adalah teknik perintang warna pada kain dengan perantara canting dan lilin. Sehingga batik bukan semata-mata soal motif melainkan proses.

Hologram Batik Asli untuk mengembalikan semangat berniaga batik dengan jujur. Bahwa Batik adalah sebuah produk yang terdiri dari batik tulis, batik cap, atau gabungan proses keduanya.

Hologram Batik Asli adalah perlindungan konsumen dan para pencinta batik dengan penanaman fitur keamanan dalam wujud Stiker QR Code System yang diterbitkan oleh PT Pura Barutama, Kudus. Hologram Batik Asli ini nantinya akan ditempelkan ke setiap produk batik sebagai garansi bahwa batik tersebut betul-betul batik  asli yaitu batik tulis, batik cap, ataupun kombinasi batik tulis dan cap.

Hologram Batik Asli ini bertujuan untuk menggaransi keaslian batik, sesuai dengan penghargaan Unesco terhadap batik Indonesia. Hologram Batik Asli menganut semangat sukarela artinya pemasangan hologram bukan merupakan keharusan dan tidak ada paksaan khususnya. 

(Benny Benke /SMNetwork /CN40 )

Let's block ads! (Why?)

http://www.suaramerdeka.com/news/detail/24675/Hologram-Batik-Asli-Pekalongan-Dijamin-Bergaransi

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Hologram Batik Asli Pekalongan, Dijamin Bergaransi"

Post a Comment


Powered by Blogger.