Search

250 Sukarelawan Ikuti Pelatihan Vertical Rescue

NGBALAK, Suaramerdeka.com - Sebanyak 250 sukarelawan dari berbagai elemen mengikuti “Apel Siaga dan Pelatihan Vertical Rescue” di hutan Mangli, Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang. Acara ini dimaksudkan untuk memperingati Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) yang jatuh pada tanggal 26 April mendatang.

Acara ini diselenggarakan oleh UKM Mapala “Mentari” UM Magelang bekerjasama dengan Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) Kecamatan Grabag. Para peserta antara lain berasal SAR Grabag, Organisasi Pengurang Resiko Bencana (OPRB) Sambungrejo, OPRB Balaiagung, Komunitas Graskom, Tagar, Komabar Borobudur, serta Emergency  Rescue Team (ERT) Fikes UM Magelang.

Usai apel siaga, para peserta medanpatkan materi pelatihan tentang evakuasi penyelamatan terhadap survivor yang berada di ketinggian  dan medan miring dengan menggunakan teknik vertical rescue.  

“Ketua MDMC Pusat Budi Setiawan, Kepala Seksi Kegawatdaruratan BPPD Kabupaten Magelang Didik Wahyu, serta Camat Grabag Labaika turut hadir dalam acara yang diadakan hingga  menjelang sore hari tersebut,” ujar Margono.

Ia menambahkan, acara itu juga sekaligus dalam rangka launching mobil ambulans dari MDMC dan Lazismu Grabag. Selain itu juga, imbuh Margono yang merupakan  dosen Fikes yang juga Kepala Divisi Pengembangan Mahasiswa UM Magelang, kegiatan tersebut juga merupakan kelanjutan dari Program Kemitraan Universitas (PKU) yang dilakukan dirinya bersama tim.

Ketua MDMC Pusat Budi Setiawan mengapresiasi kegiatan tersebut. “Menjadi seorang relawan adalah mulia. Tapi akan lebih mulia dan baik lagi jika ia memiliki kompetensi sesuai dengan bidangnya dengan cara banyak menimba ilmu termasuk mengikuti pelatihan seperti ini,” ujar Budi.

Adapun Camat Grabag Labaika Nugroho menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua relawan dan peran perguruan tinggi. Ia mengaku mendukung kegiatan tersebut karena sangat bermanfaat terutama bagi warga Grabag yang wilayahnya termasuk dalam wilayah rawan bencana. “Saya berharap UM Magelang dapat terus membantu dalam peningkatan relawan khususnya relawan Grabag,” katanya.

(Asef Amani /SMNetwork /CN33 )

Let's block ads! (Why?)

http://www.suaramerdeka.com/news/detail/21688/250-Sukarelawan-Ikuti-Pelatihan-Vertical-Rescue

Bagikan Berita Ini

0 Response to "250 Sukarelawan Ikuti Pelatihan Vertical Rescue"

Post a Comment


Powered by Blogger.