Search

Bus Tak Layak, Menhub Tegur Pengelola Tirtonadi

SOLO, suaramerdeka.com- Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, menegur pengelola Terminal Tirtonadi Solo, setelah mendapati banyak bus tak layak jalan. Kepala terminal diminta mengevaluasi dan membuat mekanisme pengawasan kepada perusahaan bus agar lebih baik.

"Pertama kali ada yang harus kita evaluasi di terminal, bus-busnya jelek, ramp check tidak dilakukan sebagaimana mestinya," kata Menhub saat kunjungan ke Terminal Tirtonadi dan Stasiun Solo Balapan, Minggu siang (1/4).

Pihaknya berharap, ke depan industri bus harus lebih baik, meski saat ini industri bus masih dalam tekanan. "Kami akan mencarikan pola agar bus menjadi baik," kata Budi didampingi Wali Kota FX Hadi Rudyatmo dan Kepala Dinas Perhubungan Hari Prihatno.

Ban dan Mesin

Koordinator pengelola Terminal Tirtonadi Solo Joko S mengakui ada bus yang tidak layak jalan. Dari penertiban yang telah dilakukan, ada sejumlah bus yang terjaring, tiga di antaranya ditilang dan dikembalikan ke pemilik untuk tidak lagi dioperasikan.

Rata-rata bus yang bermasalah ada pada ban dan mesin. "Sebagian besar bus yang ada di terminal dalam kondisi baik dan layak jalan," kata dia.

Untuk memberi keamanan dan kenyamanan para penumpang, Joko mengaku terus melakukan ramp check pada bus yang masuk terminal. Tujuannya untuk mengetahui, apakah bus yang masuk terminal layak jalan atau tidak.

"Ini penting, khususnya menjelang mudik Lebaran, bus yang beroperasi harus dalam kondisi baik," jelas dia yang baru tiga bulan tugas di terminal Solo.

(Langgeng Widodo /Agustinus Ariawan /SMNetwork /CN40 )

Let's block ads! (Why?)

http://www.suaramerdeka.com/news/detail/21600/Bus-Tak-Layak-Menhub-Tegur-Pengelola-Tirtonadi

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Bus Tak Layak, Menhub Tegur Pengelola Tirtonadi"

Post a Comment


Powered by Blogger.