Search

Kemenkes Sediakan 98 Medical Station Selama Asian Games

JAKARTA, suaramerdeka.com -Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan terus berbenah menjelang penyelenggaraan Asian Games 2018. 

Menteri Kesehatan RI Nila Moeloek mengatakan tidak ingin adanya kasus kematian, cedera, cacat pada atlet yang sedang bertanding. Maka untuk itu diperlukan pelatihan khusus terkait emergency in sport event untuk menguatkan kompetensi dari petugas kesehatan Asian Games dan Asian Para Games.

“Dalam Asian Games dikenal istilah no medical no games, artinya bagi petugas kesehatan yang akan ditugaskan harus sudah berada di tempat sebelum pertandingan dimulai. Tolong ini diperhatikan.Untuk itu saya minta kepada semua pimpinan instansi petugas Asian Games, agar membebastugaskan petugas ini selama Asian Games berlangsung. Jangan sampai pertandingan ditunda apalagi sampai dibatalkan hanya karena ketiadaan petugas kesehatan,” kata Nila Moeloek pada pembukaan acara Refreshing Workshop Emergency in Sport Event di Jakarta, Senin (2/4).

Berdasarkan jumlah cabang olahraga, dibutuhkan 98 medical station, 21 medical center, 2 poliklinik, dan 21 RS rujukan. Selain itu, Kemenkes juga bekerja sama dengan berbagai organisasi profesi dalam menyusun modul pelatihan emergency in sport event. Pelatihan ini baru pertama kali diadakan di Indonesia, dengan menggunakan modul dan trainer sesuai standar kompetensi yang ada.

Langkah lainnya, Kemenkes bersama Indonesia Asian Games Organizing Committee (Inasgoc) menyiapkan 1.400 tenaga kesehatan yang terdiri dari 407 dokter, 813 perawat, dan 180 fisioterapis yang akan didistribusikan ke DKI Jakarta, Sumatera Selatan, Jawa Barat, dan Banten. Mereka direkrut dari RS, Dinas Kesehatan, dan TNI.

Khusus untuk kebutuhan rujukan pasien bagi atlet, Kemenkes telah menyediakan 25 unit ambulans emergency super VVIP baru yang akan digunakan oleh Inasgoc dan Indonesia Asia Para Games Organizing Committee (Inapgoc) sebagai panitia nasional penyelenggaraan Asian Games dan Asian Para Games 2018. Ambulans juga sudah disediakan oleh Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Dinas Kesehatan Sumatera Selatan dan Dinas Kesehatan Jawa Barat.

(RRI /CN41 )

Let's block ads! (Why?)

http://www.suaramerdeka.com/news/detail/21696/Kemenkes-Sediakan-98-Medical-Station-Selama-Asian-Games

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Kemenkes Sediakan 98 Medical Station Selama Asian Games"

Post a Comment


Powered by Blogger.