Search

Ganjar Janji Permudah Kartu Tani dan Pastikan Swasembada Beras

SRAGEN, suaramerdeka.com –Calon Gubernur Ganjar Pranowo menggelar Sarasehan Keluarga Besar Pengusaha Beras se-Kabupaten Sragen, di Masaran, Senin (2/4). Sarasehan diikuti sekitar lima ratus pedagang beras.

Sutrisno, salah satu pedagang yang hadir menanyakan soal ketersediaan pupuk sebagai unsur utama pendukung produksi padi.

"Mohon pupuk bersubsidi dipermudah pembeliannya pak Ganjar," katanya.

Ganjar menyatakan, dirinya memproteksi pupuk bersubsidi dengan kartu tani agar distribusinya tepat sasaran. Jika subsidi dibiarkan terbuka seperti LPG 3 kilo, akan tidak tepat sasaran. Terbukti warga kaya pun sekarang bebas membeli gas melon. "Dulu sebelum ada kartu tani siapapun yang punya duit meski bukan petani bisa beli pupuk subsidi, maka penyelundupan marak," kata cagub nomor urut satu tersebut..

Soal kurangnya stok pupuk diakui Ganjar karena jatah dari pemerintah pusat kurang. Jatah Urea untuk Jateng hanya 92,80 persen dari kebutuhan. Begitu juga dengan SP-36 hanya 48,48 persen, ZA 62,5 persen, NPK Phonska 48,5 persen, dan Organik 24,6 persen.

"Saya sudah meminta kementerian pertanian menambah. Per 5 April akan dikirim tambahan jatah pupuk subsidi untuk Jateng, petani tidak akan kesulitan lagi," kata suami Siti Atikoh itu.

Ganjar berharap, setelah ini tidak ada lagi keluhan soal pupuk. Penggunaan kartu tani pun sudah dipermudah. Bagi petani yang sudah memiliki kartu tani, pembelian bisa dengan uang cash.

"Maka saya minta segera masuk kelompok tani dan mengajukan RDKK tambahan, segera diproses dan bisa beli pupuk," kata Mantan Wakil Ketua Komisi II DPR RI itu.

Dalam kesempatan itu Ganjar Pranowo menegaskan, Jawa Tengah akan tetap swasembada beras. Ia menegaskan, swasembada beras adalah salah satu cara untuk menstabilkan harga.

"Jateng ini kan berasnya sisa, tidak perlu beras impor. Harga cenderung stabil," tandasnya.

(Basuni Hariwoto /SMNetwork /CN41 )

Let's block ads! (Why?)

http://www.suaramerdeka.com/news/detail/21705/Ganjar-Janji-Permudah-Kartu-Tani-dan-Pastikan-Swasembada-Beras

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Ganjar Janji Permudah Kartu Tani dan Pastikan Swasembada Beras"

Post a Comment


Powered by Blogger.