Search

Tim Survei Lokasi Jalur Penyelamat Darurat

BUMIAYU,suaramerdeka.com– Realisasi pembangunan jalur penyelamat darurat di jalur Purwokerto-Tegal antara flyover Kretek sampai terminal lama Bumiayu, mulai dipersiapkan. Tim perencanaan Bina Marga sudah mensurvei  lapangan untuk memilih calon lokasi terbaik.

"Rabu pekan kemarin, tim perencanaan Bina Marga datang ke Kretek untuk survei lokasi. Putusan soal lahan (lokasi) masih digodok tim pembebasan lahan," kata Kepala Tata Usaha  PPK 06 Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR Lindung Simbolon, Senin (2/4).

Sebelumnya, aksi massa ‘’Save Flyover Jilid II’’, beberapa waktu lalu, mendesak pembangunan jalur penyelamat untuk mengantisipasi kendaraan rem blong di jalur Purwokerto-Tegal mulai dari flyover Kretek hingga terminal lama Bumiayu.

Jalur menurun sepanjang lebih dari dua kilometer itu rawan kendaraan rem blong. Peristiwa terakhir, truk bermuatan kedelai mengalami rem blong dan menabrak sejumlah sepeda motor yang ada didepannya. Enam orang meninggal dalam insiden pada Selasa (20/3) itu.

Dukungan Masyarakat

Simbolon menegaskan, jalur penyelamat darurat akan langsung dibangun setelah lahannya siap.  Menurut dia, jalur penyelamat darurat yang akan dibangun tersebut bersifat sementara hingga jalur penyelamat permanen dibangun.


‘’Jalur penyelamat telah menjadi agenda pembangunan Kementerian PUPR. Tahun ini akan dilakukan pembebasan lahan. Sedangkan untuk konstruksinya pada 2019,’’ paparnya.

Namun, Simbolon berharap dukungan masyarakat untuk merealisasikan jalur penyelamat. Oleh karena itu, pihaknya berharap warga yang tanah atau lahannya terkena untuk pembuatan jalur penyelamat bisa bekerja sama.

Salah seorang pengguna jalan Andrian berharap jalur penyelamat kendaraan rem blong dapat segera direalisasikan. Idealnya, menurut dia, jalur rem blong di bangun di dua atau tiga lokasi antara flyover Kretek hingga terminal lama Bumiayu.

‘’Tidak ada yang mengharapkan insiden rem blong. Tapi tetap harus ada jalur penyelamat sebagai antisipasi kendaraan rem blong,’’ kata dia.

(Teguh Inpras Tribowo /SMNetwork /CN38 )

Let's block ads! (Why?)

http://www.suaramerdeka.com/news/detail/21733/Tim-Survei-Lokasi-Jalur-Penyelamat-Darurat

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Tim Survei Lokasi Jalur Penyelamat Darurat"

Post a Comment


Powered by Blogger.