Search

BPTP Kembangkan Bawang Merah Produksi Biji

UNGARAN, suaramerdeka.com- Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Jawa Tengah tengah mengembangkan tanaman bawang merah produksi biji atautrue shallot seed

(TSS) di Kabupaten Grobogan. Hingga April 2018, di beberapa kecamatan termasuk di Kecamatan Penawangan, Grobogan ada 700 hektar lahan pengembangan bawang merah dengan pola TSS.

Kepala BPTP Jawa Tengah, Harwanto melalui Peneliti Budi Daya Tanaman sekaligus Penanggungjawab Kegiatan Penelitian dan Pengkajian Bawang Merah, Heru Praptama mengatakan, pendampingan berkelanjutan kepada petani setempat terus dilakukan. Tujuannya agar inovasi teknologi budidaya perbenihan bawang merah bisa terpenuhi.

“Kami ada lahan dua hektar untuk demplot, baru-baru ini capaian produksi umbi bawang merah Varietas Bima Brebes sudah mencapai 11,13 ton bawang merah basah/hektar. Sementara Varietas Tutuk tembus 19,25 ton bawang merah basah/hektar,” katanya, ketika ditemui di Ungaran, Jumat (20/4).

Dari capaian tersebut, produksi benih komoditas bawang merah dari Provinsi Jawa Tengah bisa dijadikan barometer pengembangan tingkat nasional. Mengingat, bawang merah masuk kategori komoditas pertanian penting.

“Kementerian Pertanian memerintahkan untuk mengembangkan komoditas bawang merah di seluruh wilayah sentra,” imbuhnya.

Karena dinilai sebagai barometer sentra bawang merah, pola pembenihan dan pola tanam bawang merah di Jawa Tengah menjadi rujukan bagi provinsi lain di Indonesia. Selama dua hari, Rabu-Kamis (18-19/4) kemarin, setidaknya ada 11 orang petani integrator, penyuluh pertanian, dan perwakilan Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Tomohon, Sulawesi Utara yang ditugaskan untuk belajar di Ungaran dan Penawangan, Grobogan.

Tidak sekadar mendapat materi inovasi teknlogi, perwakilan yang datang juga diberikan pemahaman tentang varietas unggul bawang merah. Kemudian teknik budidaya bawang merah dari umbi, teknik budidaya pola TTS, dan strategi inovasi bawang merah pascapanen. Mereka juga kenalkan dengan budidaya beberapa varietas bawang merah unggul, meliputi Varietas Pikatan, Pancasona, Trisula, Mentes, Krama 1 dan 2, Kuning, Katumi, serta Varietas Tajuk.

Melalui program nasional dari Kementerian Pertanian nantinya akan disediakan bibit untuk dibudidayakan di Sentra Holtikultura Tomohon sebelum diberikan gratis kepada petani berdasarkan data dari provinsi setempat.

“Iklim di beberapa provinsi termasuk Sulawesi Utara cocok untuk budidaya bawang merah. Selain di Grobogan, demplot bawang merah juga didirikan di Kabupaten Karanganyar, Brebes, Tegal, dan Kabupaten Batang,” terang Heru Praptama.

(Ranin Agung /SMNetwork /CN42 )

Let's block ads! (Why?)

http://www.suaramerdeka.com/news/detail/23922/BPTP-Kembangkan-Bawang-Merah-Produksi-Biji

Bagikan Berita Ini

0 Response to "BPTP Kembangkan Bawang Merah Produksi Biji"

Post a Comment


Powered by Blogger.