Search

Indonesia Ekspor Benih Hortikultura ke 10 Negara

KEDIRI, suaramerdeka.com -Pemerintah melalui Kementerian Pertanian melakukan ekspor benih hortikultura ke 10 negara. Ekspor ini tentunya cukup membanggakan di kancah internasional.

"Ini menunjukkan bawa industri perbenihan kita sudah maju dan mampu bersaing dengan produk benih negara lain," ujar Suwandi, Direktur Jenderal Hortikultura, Kementerian Pertanian (Kementan) saat pelepasan ekspor benih hortikultura di Kediri, kemarin.

Suwandi menegaskan Kementan terus mendorong peningkatkan produksi produk-produk pertanian termasuk benih berdaya saing dan dapat masuk di pasar ekspor. "Ini sejalan dengan kebijakan Bapak Mentan yakni mendorong ekspor, di samping kebijakan kedaulatan pangan dan mensejahterakan petani,” ujarnya.

Salah satu pengekspor benih hortikultura yaitu  PT Bisi International Tbk (BISI) yang mampu mengekspor benih hortikultura di kisaran 10 persen dari total produksinya. Direktur utama BISI Internasional Jemmy Eka Putra mengatakan sumbangsih penjualan ekspor benih 10 persen dari total penjualan benih hortikultura hingga akhir tahun 2017.

"Kita masih fokus memenuhi kebutuhan domestik yang permintaannya tinggi, sembari pengembangan pasar luar negeri,” katanya.

Beberapa negara tujuan ekspor benih hortikultura yakni India, Pakistan, Srilanka , Bangladesh, Myanmar,  Vietnam, Malaysia, Thailand, Philipina dan China. Adapun beberapa benih hortikultura yang diekspor meliputi benih pare, cabai, paprika, timun, gambas, melon, waluh, sweet corn, pare welut, semangka, terong, tomat, jagung pulut,  kacang panjang, kangkung, bayam, okra dan buncis.

(Kementan /CN41 )

Let's block ads! (Why?)

http://www.suaramerdeka.com/news/detail/23621/Indonesia-Ekspor-Benih-Hortikultura-ke-10-Negara

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Indonesia Ekspor Benih Hortikultura ke 10 Negara"

Post a Comment


Powered by Blogger.