Search

Prihatin, Banyak Jamban Tanpa Septic Tank

TEGAL, suaramerdeka.com- Sejumlah pihak prihatin melihat fakta di lapangan masih banyak warga Kota Tegal memiliki jamban di rumah, namun tidak dilengkapi septic tank atau tempat penampungan kotoran. Sebagian mereka lebih memilih untuk langsung membuang ke sungai atau saluran air.

Data di wilayah Kecamatan Tegal Timur, Kota Tegal, setidaknya 578 jamban tidak memiliki septic tank. Data itu terungkap pada sosialiasi Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) di Pendapa Kelurahan Panggung, Kecamatan Tegal Timur, Rabu (18/4).

Sanitarian Puskesmas Tegal Timur Agus Pranoto, mengungkapkan 578 jamban di tiga kelurahan itu tersambung langsung ke aliran sungai atau saluran air. Jumlah itu tersebar di Panggung 270 jamban, Mangkukusuman 92 jamban, dan Mintaragen 216 Jamban.

Jamban yang langsung tersambung dengan sungai dapat menganggu kesehatan lingkungan sekitar. ‘’Kalau tidak segera ditangani akan menganggu kesehatan lingkungan. Bakteri E-coli akan mudah menyebar," kata Agus

Tim Khusus

Kepala Puskesmas Tegal Timur, dokter Luluk mengungkapkan, pihaknya akan segera melakukan tindakan penangganan bagi warga yang tidak memilki septic tank dengan membentuk tim khusus yang terdiri dari kader kesehatan.

Kader tersebut akan turun sampai tingkat bawah untuk melakukan pengawasan hingga pendekatan untuk memicu tingkat kesadaran akan kesehatan masyarakat. Bagi warga yang mampu disarankan untuk membuatnya sendiri. Bagi yang tidak mampu akan dimusyawarahkan untuk membuat septic tank komunal.  

Kasie Penyehatan Lingkungan dan Kesehatan Kerja Dinkes Kota Tegal, Siti Halamah menyampaikan, untuk mengatasi permasalahan tersebut langkah yang bisa dilakukan adalah dengan pemicuan. Yakni mengubah perilaku masyarakat agar tidak buang air besar (BAB) sembarangan dan memiliki jamban lengkap dengan septic tank.

Menurut dia, ketika jamban langsung menyalur ke sungai atau saluran, tentu dapat mengganggu kesehatan warga sekitar. Pemicuan akan terus dilakukan sampai warga memilki jamban lengkap dengan septic tank. 

(Tresno Setiadi /SMNetwork /CN40 )

Let's block ads! (Why?)

http://www.suaramerdeka.com/news/detail/23669/Prihatin-Banyak-Jamban-Tanpa-Septic-Tank

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Prihatin, Banyak Jamban Tanpa Septic Tank"

Post a Comment


Powered by Blogger.