Search

Universitas Ahmad Dahlan Resmi Buka Fakultas Kedokteran

YOGYAKARTA, suaramerdeka.com- Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta makin mempertegas sebagai perguruan tinggi nomor satu. Resmi membuka fakultas baru, yakni Fakultas Kedokteran (FK), salah satu PTM (Perguruan Tinggi Muhammadiyah) tersebut memfokuskan bidang kebencanaan untuk fakultas yang dibukanya itu.

“Keunggulan dan karakteristik FK UAD yakni kebencanaan yakni kedokteraan yang siaga bencana,” tutur Dekan FK UAD Prof DR dr Rusdi Lamsudin, Sp. S (K), M.Med.SC di ruang sidang rektorat Kampus 1 UAD, Jalan Kapas, Kota Jogja, Rabu (18/4).

Pemilihan spesialisasi kedokteran kebencanaan bukannya tanpa alasan. Menurut dia, negara Indonesia dengan sering terjadinya bencana alam membuat penduduknya harus siaga terhadap bencana. Maka dari itu, berbeda dengan Fakultas Kedokteran lainnya, UAD pun memilih jalur tenaga medis kebencanaan. Pendidikan kedokteran di Jepang menjadi salah satu inspirasi pendirian FK UAD.

“Kami menyiapkan tenaga kesehatan seperti dokter dan paramedik di ahli bidang bencana. Ada kurikulumnya, dosen dan laboratoriumnya. Lulusan nanti ditempatkan di daerah tertinggal, terluar dan terdepan atau 3T,” ungkap dia.

Dr Junaidy Heriyanto Sp.B.Finacs selaku Kaprodi mengaku tidak sedikit waktu bagi pihak UAD untuk mengajukan permohonan pembukaan Fakultas Kedokteran. Setidaknya SK akreditasi FK ditempuh dan didapatkan selama 4 tahun lebih.

“Kami dapat izin karena berbeda dengan FK yang lain. Sementara kami betul-betul fokus pada kedokteran bencana,” sambung dia.

Junaidy menyebutkan tenaga pendidik di FK UAD tercatat sebanyak 35 berlatar belakang S2, dan 20 orang merupakan dokter spesialis. Masih disupervisi oleh FK Universitas Islam Indonesia (UII), Junaidy menyebut pihaknya akan terus meningkatkan kualitas pendidikan yang ada.

“Saat ini kami sudah mulai membuka pendaftaran mahasiswa baru. Materi kebencanaan akan dimulai sejak semester satu sampai tujuh termasuk yang profesi,” tandas dia. 

(Gading Persada /SMNetwork /CN41 )

Let's block ads! (Why?)

http://www.suaramerdeka.com/news/detail/23617/Universitas-Ahmad-Dahlan-Resmi-Buka-Fakultas-Kedokteran

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Universitas Ahmad Dahlan Resmi Buka Fakultas Kedokteran"

Post a Comment


Powered by Blogger.