Search

Dana Pusat Ditunggu Sampai Juni

SOLO, suaramerdeka.com– Kendati kalangan DPRD dan sejumlah pihak mendorong Pemkot Surakarta mencari alternatif pembiayaan pembangunan Pasar Klewer sisi timur, namun Pemkot agaknya bersikeras menunggu pencairan anggaran revitalisasi dari pemerintah pusat, hingga Juni. Strategi itu dinilai paling realistis, guna merealisasikan revitalisasi pasar tersebut.

"Komunikasi dengan Kementerian Perdagangan (Kemendag) tetap diintensifkan. Kami masih menunggu (realisasi) janji Menteri Perdagangan (Mendag) saat peresmian Pasar Klewer sisi barat (untuk mendanai revitalisasi pasar sisi timur). Tunggu dulu sampai Juni," ungkap Wali Kota FX Hadi Rudyatmo, kemarin.

Wali Kota tidak merinci alasan penetapan tenggat waktu selama dua bulan mendatang itu. Namun ia memastikan, revitalisasi Pasar Klewer tetap bisa dilakukan kendati anggaran baru diterima pertengahan 2018. "Nanti diupayakan semaksimal mungkin untuk penyerapan anggarannya. Jika ada kekurangan, bisa dicarikan dari sumber lain," jelasnya. 

Seandainya bantuan anggaran revitalisasi dari Kemendag batal dicairkan, Wali Kota Rudy ini meyakinkan, rencana revitalisasi tidak akan dibatalkan. "Tapi terpaksa dilakukan tahun depan, dengan mencari sumber dana alternatif lainnya," tandas dia.

Sebelumnya, kalangan legislatif dan pedagang mendesak pemkot segera merealisasikan revitalisasi yang tertunda sejak akhir 2017 tersebut. DPRD bahkan meminta pemkot mencari alternatif sumber pembiayaan lain, karena dana pemerintah pusat tak kunjung dicairkan.

"Kalau memakai utang, jelas nggak bisa. Sebab harus melalui permit dewan, izin Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan Kementerian Keuangan (Kemenkeu), baru bisa dilakukan (pengajuan utang). Prosesnya lama dan belum tentu tahun ini juga selesai. Lebih realistis jika kami menunggu dana dari Kemendag," urai Rudy.

Hingga kini kepastian penerbitan daftar isian pelaksanaan anggaran (DIPA) pembangunan Pasar Klewer belum diterima pemkot dari Kemendag. Padahal DIPA itu bakal digunakan sebagai salah satu dasar penyelenggaraan lelang proyek. Kepala Dinas Perdagangan Subagiyo juga meyakinkan, pemkot terus mengupayakan kejelasan pencairan dana tersebut.

(Agustinus Ariawan /SMNetwork /CN40 )

Let's block ads! (Why?)

http://www.suaramerdeka.com/news/detail/23526/Dana-Pusat-Ditunggu-Sampai-Juni

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Dana Pusat Ditunggu Sampai Juni"

Post a Comment


Powered by Blogger.