Search

Desa Wisata Winduaji, Tawarkan Pesona Alam

BREBES, suaramerdeka.com- Desa Winduaji, Kecamatan Paguyangan, Brebes, dikukuhkan sebagai Desa Wisata. Desa ini memiliki potensi sumber daya alam dan lingkungan masyarakat yang mendukung. Winduaji menawarkan keindahan alam Waduk Penjalin, budaya dan kuliner khas.

Pengukuhan desa wisata dilakukan oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Amin Budi Rahardjo, Selasa (17/4), di kantor desa setempat. Desa Winduaji dipilih karena memiliki potensi Sumber Daya Alam (SDA) dan Sumber Daya Manusia (SDM) yang saling mendukung.

‘’Desa ini memiliki potensi wisata dalam Waduk Penjalin, kemudian budaya serta kuliner. Selain itu, komitmen masyarakat memikili komitmen kuat dalam mengembangkan potensi wisata,’’ kata Amin.

Ke depan Winduaji bisa menjadi desa wisata mandiri yang mampu menyejahterakan masyarakat sekitarnya.

Pengukuhan desa wisata tersebut mengacu pada surat Gubernur Jateng tanggal 13 Januari 2010 Nomor 556/01515, perihal pembentukan desa wisata dan kelompok sadar wisata. Pihaknya berharap, pengukuhan sebagai desa wisata tersebut semakin memotivasi masyarakat dalam mengembangkan potensi wisatanya.

Terus Menggeliat

Anggota DPRD Brebes Achmad Mafrukhi menyatakan wisata Waduk Penjalin terus menggeliat sejak beberapa tahun terakhir ini. Inovasi dan kreativitas warga manjadikan waduk seluas 1,25 kilometer yang dibangun pada tahun 1930-1933 tersebut lebih menarik.

‘’Selain wisata jukung keliling waduk, sekarang ada Taman Jamur yang memanjakan wisatawan yang hobi swafoto. Sangat tepat jika (Winduaji) menjadi desa wisata,’’ kata Mafrukhi

Perkampungan di sekitar waduk, saat ini juga tengah dikembangkan menjadi kampung warna-warni dengan konsep tridi (3D). Keunggulan lainnya adalah kuliner khas, yakni ikan betutu. ’’Ikan ini ada di Waduk Penjalin. Mengonsumsi ikan ini diyakini bisa meningkatkan vitalitas,’’ kata dia. 

Politikus Partai Golkar asal Desa Wanatirta, Kecamatan Paguyangan tersebut optimistis dengan sinergi yang baik antara masyarakat (Pokdarwis) dengan pemkab, Waduk Penjalin akan menjadi daerah tujuan wisata di Kabupaten Brebes. 

(Teguh Inpras Tribowo /SMNetwork /CN40 )

Let's block ads! (Why?)

http://www.suaramerdeka.com/news/detail/23802/Desa-Wisata-Winduaji-Tawarkan-Pesona-Alam

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Desa Wisata Winduaji, Tawarkan Pesona Alam"

Post a Comment


Powered by Blogger.