Search

Facebook Tak Bisa Lindungi Akun Penggunanya

JAKARTA, suaramerdeka.com- Facebook harus mempunyai sistem yang mampu memonitor dan mendeteksi apabila ada data penggunanya yang disalahgunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Hal itu disampaikan Anggota Komisi I, Supiadin Aries Saputra. Dia melihat, Facebook tidak bisa memonitor jika akun penggunanya disalahgunakan orang lain.

“Saya sendiri sebagai pengguna Facebook sering mendapatkan kiriman-kiriman chat dari teman yang bilang bahwa dia minta dikirim pulsa. Padahal levelnya sudah direktur, tapi minta pulsa. Sangat tidak masuk akal. Ini menunjukan bahwa Facebook tidak bisa melindungi akun penggunanya,” katanya. 

Ada pun Anggota Komisi I DPR RI lainnya, Evita Nursanty menilai Facebook tidak mampu melindungi data penggunanya, sehingga terjadi kebocoran. “Secara pribadi jawaban Facebook tidak memuaskan. Saya tidak yakin Facebook mampu melindungi data pribadi kita,” katanya, kepada Kepala Kebijakan Publik Facebook Indonesia dan Vice President of Public Policy Facebook Asia Pacific.

Politisi PDI-Perjuangan ini berpendapat, pengguna Facebook di Indonesia yang mencapai peringkat tiga besar di dunia, sehingga apabila terjadi kesalahan dampaknya sangat besar bagi Indonesia. Menurut Evita, Indonesia harus lebih waspada karena kasus kebocoran data ini dapat terungkap karena kasus yang ada di Amerika Serikat. Jika bukan karena itu, tidak mungkin bisa menjadi ramai.

Sementara itu, Kepala Kebijakan Publik Facebook Indonesia, Ruben Hatari menjelaskan, posisi Facebook dengan kasus Cambridge Analytica. Pada tahun 2013, sebuah aplikasi “thisisyourdigitallife” dikembangkan oleh seorang peneliti bernama Kogan yang saat itu adalah seorang akademisi di Cambridge University saat mengembangkan aplikasi. Setelah mendapatkan data pengguna Facebook, data tersebut kemudian diberikan ke Cambridge Analytica.

“Facebook tidak memberikan izin atau menyetujui pemindahan data tersebut dan hal ini merupakan pelanggaran kebijakan platform Facebook,” kata Ruben. 

(Mahendra Bungalan /SMNetwork /CN40 )

Let's block ads! (Why?)

http://www.suaramerdeka.com/news/detail/23522/Facebook-Tak-Bisa-Lindungi-Akun-Penggunanya

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Facebook Tak Bisa Lindungi Akun Penggunanya"

Post a Comment


Powered by Blogger.