Search

Fungsi Perpustakaan Tak Sebatas Layanan Peminjaman Buku

SEMARANG, suaramerdeka.com- Walau pun aktif mengelola usaha serta pelatihan ketrampilan di bidang pembuatan keranjang parsel berbahan olahan limbah kayu, pengelola perpusdes Citra Ilmu di Desa Kenteng, Kecamatan Susukan, Kabupaten Semarang, tidak mengesampingkan pelayanan perpustakaan. Hingga pertengahan April 2018, setidaknya sudah tersedia lebih dari 700 judul buku.

“Perpusdes Citra Ilmu didirikan 2015, pelayanan perpustakaan tidak hanya statis tetapi layanan keliling juga kita terapkan dengan menggunakan sarana motor roda tiga,” kata Mukhsin, pengelola Perpusdes Citra Ilmu.

Sementara Ketua Tim Penilai Lomba Perpusdes Pemprov Jawa Tengah, S Andriani mengatakan, inovasi yang dilakukan Perpusdes Citra Ilmu merupakan bagian dari transformasi perpustakaan. Artinya, seiring berkembangnya zaman, fungsi perpustakaan tidak sebatas memberikan pelayanan meminjamkan buku saja. “Ini jadi poin penilaian penting, karena ada inovasi untuk menggerakkan ekonomi produktif warga setempat,” kata dia.

Karena inovasi itulah, lanjut Andriani, Perpusdes Citra Ilmu terpilih menjadi enam perpusdes berprestasi se-Jateng periode 2018. Dari data diketahui, selain Perpusdes Citra Ilmu, tim penilai juga menilai perpusdes di Kabupaten Magelang, Kabupaten Pekalongan, Sragen, Purbalingga, dan Kabupaten Kebumen.

“Rangkaian penilaian yang kita lakukan nantinya menghasilkan satu perpusdes terbaik untuk mewakili Jawa Tengah pada lomba yang sama tingkat nasional,” tukasnya. 

(Ranin Agung /SMNetwork /CN40 )

Let's block ads! (Why?)

http://www.suaramerdeka.com/news/detail/24026/Fungsi-Perpustakaan-Tak-Sebatas-Layanan-Peminjaman-Buku

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Fungsi Perpustakaan Tak Sebatas Layanan Peminjaman Buku"

Post a Comment


Powered by Blogger.