Search

Sejumlah Wanita Desa Godo Antusias Ikut Sosialiasi Bahaya Kanker Serviks

PATI, suaramerdeka.com- Sejumlah wanita Desa Godo, Kecamatan Winong, Kabupaten Pati, tampak antusias mengikuti sosialiasi bahaya kanker serviks. Kegiatan yang berlangsung di PAUD Miftahul Huda ini terselenggara berkat kerja sama Satgas TMMD Reguler Kodim Pati dengan GPKS (Gerakan Peduli Kanker Serviks) Kabupaten Pati. Sabtu (21/4). 

“Kanker serviks adalah kanker perut rahim yang berada di lubang vagina yang menuju lubang uterus (di leher rahim). Pap smear adalah adalah sebuah prosedur untuk menguji kehadiran kanker serviks pada wanita. Sedangkan manfaat dari pap smear adalah untuk mendeteksi dini kanker serviks, jadi peluang kesembuhan akan lebih besar,” ujar Andik, perwakilan GPKS dalam awal paparannya.

“Pada dasarnya wanita lebih mementingkan penampilan lahiriah saja, untuk kesehatan yang bersifat kewanitaan belum mendapatkan prioritas, padahal kesehatan kewanitaan adalah sangat penting karena organ kewanitaan (Vagina) kalau tidak dirawat akan menjadikan sumber bakteri dan bisa menimbulkan penyakit,” ujarnya.

Melalui sosialisasi ini, pihaknya mengimbau kepada wanita Desa godo ini agar lebih sadar dan mau merawat organ kewanitaan serta melaksanakan tes IVA (Inspeksi Visual Asam Asetat). Yaitu pemeriksaan leher rahim (serviks) dengan cara melihat langsung leher rahim setelah memulas leher rahim dengan larutan asam asetat tiga sampai dengan lima persen.

“Dengan cara ini kita dapat mendeteksi kanker rahim sedini mungkin, sehingga untuk mencapai kesembuhan akan lebih besar peluangnya,” pungkasnya.

Dansatgas TMMD Reguler ke-101 Kodim Pati melalui koordinator lapangan TMMD Reguler ke-101, Kapten Kavaleri Sugeng menyampaikan, kegiatan-kegiatan sosialisasi seperti ini sangat bermanfaat karena informasi-informasi tersebut sangat berguna untuk antisipasi terhadap penyakit yang terkesan menakutkan. "Khususnya untuk kaum wanita, dengan adanya kegiatan sosialisasi seperti ini akan menyadarkan kita semua agar bisa mencegah dan mengobati secara dini,” jelas Sugeng.

(Setiawan Hendra Kelana /SMNetwork /CN40 )

Let's block ads! (Why?)

http://www.suaramerdeka.com/news/detail/24034/Sejumlah-Wanita-Desa-Godo-Antusias-Ikut-Sosialiasi-Bahaya-Kanker-Serviks

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Sejumlah Wanita Desa Godo Antusias Ikut Sosialiasi Bahaya Kanker Serviks"

Post a Comment


Powered by Blogger.