Search

Ikuti Nadran, Cak Imin Ajak Bersih-bersih Laut

JAKARTA, suaramerdeka.com- Kotornya kondisi laut Jakarta, membuat harus ada upaya gerakan bersih-bersih sampah. Dan hal itu bisa dimulai dari membersihkan sampah plastik.

"Ayo kita bersihkan lingkungan pantai kita dari sampah-sampah plastik. Hal itu agar lingkungan kita bersih dan lestari," kata Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa Muhaimin Iskandar saat mengikuti pesta laut atau Nadran di Kaliadem, Muara Angke, Jakarta Utara, Kamis (19/4).

Usai melaut bersama sekitar 500 perahu nelayan, Cak Imin mengatakan bahwa tradisi Nadran tidak hanya diisi dengan doa serta melarung sedekah ke laut. Namun, kegiatan yang digelar Perkumpulan Nelayan Tradisional (PANTAS) Kaliadem tersebut adalah mengumpulkan sampah plastik.

"Khususnya yang berbahaya bagi generasi kita di masa akan datang. Oleh karenanya, saya juga mengimbau pemerintah DKI Jakarta dan pemerintah pusat tetap menjaga tradisi lokal tersebut," ujarnya.

Hal itu karena selain melestarikan kebudayaan asli, juga bisa digunakan untuk menarik turis domestik maupun internasional. Cak Imin juga mengatakan, pemerintah harus melindungi tradisi dan juga komunitas pelestarinya.

"Pemda DKI Jakarta dan pusat harus bisa menjaga tradisi dan komunitas tersebut. Selain itu, wilayah ini harus menjadi wilayah yang semestinya dikembangkan sebagai daerah wisata atau masyarakatnya dikembangkan menjadi nelayan modern," tandasnya

Hal itu supaya kemajuan cepat bisa terlaksana. Dia menambahkan, selain sedekah yang diberikan masyarakat, dalam Nadran ada ritual wayangan untuk menjaga tradisi dan budaya. "Sekaligus untuk mendoakan keselamatan nelayan kita," tegasnya

(Saktia Andri Susilo /SMNetwork /CN41 )

Let's block ads! (Why?)

http://www.suaramerdeka.com/news/detail/23776/Ikuti-Nadran-Cak-Imin-Ajak-Bersih-bersih-Laut

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Ikuti Nadran, Cak Imin Ajak Bersih-bersih Laut"

Post a Comment


Powered by Blogger.