Search

Ratusan Seniman Ramaikan Batang Art Festival 

BATANG, suaramerdeka.com- Peringatan Hari Jadi Kabupaten Batang ke-52 akan ditandai dengan acara spektakuler. Selama lima hari, 20-25 April, diadakan Batang Art Festival 2018 bertajuk ''Metamorfosis''. Kegiatan tersebut akan diramaikan ratusan seniman dari berbagai daerah di Indonesia yang akan ikut tampil unjuk kebolehan kreatifitas seni dan budaya. 

Pembukaan Batang Art Festival yang digelar untuk keempat kalinya ini dilakukan Jum'at malam (20/4). Acara akan diisi pentas kesenian tari dari SMKI Surakarta dengan tari Tampak Kubah, performance Art Subah dan Tari Rojo Koyo dari Sanggar Tari Budaya Kabupaten Batang, dan pentas menarik lainnya. 

Ketua Dewan Kesenian Daerah (DKD) Kabupaten Batang Tri Bakdo mengatakan, Batang Art Festival diisi oleh berbagai macam acara menarik.  Seperti pameran lukisan dan pasar seni, pemutaran film, festival teater pelajar, festival terakustik, melukis bersama Ujungnegoro, curah pikir seni, pentas seni tradisional, bedah film dengan narasumber artis Sandi Nayoan, pementasan kemlak (musik etnik) feat Pesona Nusantara Surakarta (tari), pembacaan puisi sampai campur sari ''Ngaku Salah dan pentas Babalu. 

'' Bupati Wihaji bahkan akan ikut tampil bermain seni drama khas Batang, Babalu, pada Selasa malam (23/4). Masyarakat bisa menyaksikan secara langsung bupati dalam pentas drama tersebut,'' ujar Tri Bakdo, Jum'at (20/4).  

Batang Art Festival tahun ini juga akan diisi diskusi dengan tema ''Pikir Mbangun Kesenian Jawa Tengah''. Diskusi bertujuan embangun sinergi agar kesenian di Jawa Tengah tidak kalah dengan provinsi lainnya di Indonesia. Tri Bakdo berharap, Batang Art Festival akan menjadi daya tarik seniman di Indonesia untuk bisa tampil di ajang ini. Dirinya mengungkapkan, Batang Art Festival akan kental dengan nuansa potensi serta kekuatan Batang sebagai sebuah daerah. 

'' Karena Batang memiliki tiga kultur seni budaya yaitu seni pesisiran, urban tengah dan pegunungan,  maka dalam gelaran Batang Art Festival kita tampilkan dari tiga seni tersebut,'' tuturnya.

(Trisno Suhito /SMNetwork /CN42 )

Let's block ads! (Why?)

http://www.suaramerdeka.com/news/detail/23907/Ratusan-Seniman-Ramaikan-Batang-Art-Festival

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Ratusan Seniman Ramaikan Batang Art Festival "

Post a Comment


Powered by Blogger.