Search

Peserta Pelatihan Membatik, Pamerkan Hasil Karyanya

PATI, suaramerdeka.com- Pelatihan membatik yang diberikan kepada warga Desa Godo Kecamatan Winong Kabupaten Pati pada gelaran TMMD Reguler ke-101 Kodim Pati,  dan telah berjalan kurang lebih selama lima hari, kini sudah menampakkan hasil. Masing-masing peserta sudah menyelesaikan hasil karya batiknya. Seperti yang terlihat di Balai Desa Godo, masing-masing peserta pelatihan memamerkan hasil  membatiknya kepada media, Sabtu (21/04).

Menurut keterangan salah satu peserta pelatihan membatik, Reni, warga RT 06 RW 07 Desa Godo Kecamatan Winong, bahwa dengan adanya pelatihan membatik yang diberikan kepada ibu-ibu warga desa Godo pada program TMMD Reguler ke-101 Kodim Pati, sangat membantu warga desa. “Kami jadi mendapat ilmu baru untuk membuka peluang usaha yang bisa menambah penghasilan keluarga,” tutur Reni.

Lebih lanjut Reni mengungkapkan, bahwa ternyata membatik itu mengasyikkan. Di sisi lain, dengan membatik bisa melatih kesabaran. "Dengan adanya pelatihan membatik kami merasa senang dan bangga. Semoga kedepannya kami bisa mengembangkan ilmu yang sudah kami peroleh, sehingga kami ada usaha baru dan kesibukan baru sebagai seorang ibu rumah tangga yang berguna untuk perekonomian keluarga," imbuhnya.

Sementara itu Kapten Infanteri Urip Widodo, selaku koordinator pelatihan membatik, pada program sasaran non fisik TMMD Reguler ke-101 berharap, kegiatan non fisik ini menjadikan warga desa, khususnya kaum ibu agar mempunyai ketrampilan baru yang sebelumnya tidak ia miliki. Tentunya tidak mudah melatih ketrampilan membatik ini, butuh waktu dan latihan  secara terus menerus dan berlanjut.

"Sebetulnya waktu pelatihan membatik sangatlah singkat, tetapi dengan antusias dan semangat yang tinggi peserta pelatihan, mereka mampu menyerap ilmu yang telah diajarkan instruktur. Ini terbukti dalam kurun waktu lima hari, mereka mampu menghasilkan satu lembar kain batik yang cukup lumayan baik dari nilai kualitas. Karena mereka masih tahap pemula, jadi karya batik yang dihasilkan peserta pelatihan belum maksimal. Semoga dengan dasar pelatihan membatik ini peserta bisa mengembangkan sendiri rumah masing-masing. Sehingga ilmu yang telah mereka dapat tidak sia-sia," jelasnya.  

(Setiawan Hendra Kelana /SMNetwork /CN40 )

Let's block ads! (Why?)

http://www.suaramerdeka.com/news/detail/24035/Peserta-Pelatihan-Membatik-Pamerkan-Hasil-Karyanya

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Peserta Pelatihan Membatik, Pamerkan Hasil Karyanya"

Post a Comment


Powered by Blogger.