Search

Asa Jadi PNS Pupus, Honorer K2 Wajib Ikuti Seleksi

SLAWI, suaramerdeka.com -Harapan tenaga honorer kategori 2 (K2) di Kabupaten Tegal untuk diangkat langsung menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) tanpa melalui tes pupus. Pemerintah menutup pintu kebijakan penerimaan langsung tenaga honorer menjadi PNS, sebagaimana kebijakan sebelumnya.

Sekarang, jika menjadi PNS, tenaga honorer K2 wajib mengikuti seleksi CPNS umum bersaing dengan pelamar lainnya. Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) menyerahkan nasib tenaga honorer K2 ke pemerintah daerah setempat.

‘’Jangan berharap diangkat menjadi PNS tanpa seleksi,’’ kata Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Tegal, Munif yang menyimpulkan hasil audiensi dengan Kemenpan dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) di Jakarta, Senin (26/3).

Konsultasi yang difasilitasi DPRD dengan menghadirkan sejumlah tenaga honorer K2 Kabupaten Tegal dan sejumlah instansi terkait lainnya di lingkungan Pemkab Tegal itu, ditemui Biro Hukum Kemenpan RB dan perwakilan dari Kemendikbud.

Munif membeberkan, jumlah tenaga honorer K1 sesuai dengan data Kemenpan 900 ribu orang. Jumlah itu telah diangkat menjadi PNS tanpa melalui seleksi. Namun, masih banyak honorer K1 yang tercecer, sehingga muncul honorer K2.

Menpan RB kaget dengan jumlah K2 yang membludak. Padahal, idealnya jumlah tenaga honorer yang tercecer sekitar 10 persen dari jumlah K1 900 ribu orang.

‘’Munculnya mencapai 600 ribu orang. Pemerintah Pusat telah melakukan seleksi khusus, dan yang diterima 200 ribu. Setelah itu, pemerintah menganggap sudah tidak ada lagi tenaga honorer,’’ jelasnya.

Menpan, lanjut Munif, melemparkan kesalahan membludaknya tenaga honorer kepada pemerintah kabupaten/ kota. Oleh karena itu, jika masih ada tenaga honorer yang tercecer menjadi tanggungjawab daerah.

‘’Ada peluang tenaga honorer K2 diangkat menjadi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kontrak (P3K). Namun, realisasinya menunggu Peraturan Pemerintah (PP), dan Peraturan Presiden (Perpres),’’ tegas politikus PKB itu. 

(Dwi Putra GD /SMNetwork /CN34 )

Let's block ads! (Why?)

http://www.suaramerdeka.com/news/detail/21190/Asa-Jadi-PNS-Pupus-Honorer-K2-Wajib-Ikuti-Seleksi

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Asa Jadi PNS Pupus, Honorer K2 Wajib Ikuti Seleksi"

Post a Comment


Powered by Blogger.