Search

Sidak, Petugas Rutan Kebumen Temukan Pisau Cutter

KEBUMEN,suaramerdeka.com- Meski para petugas Rumah Rahanan (rutan) Kelas II B Kebumen rutin melakukan pemeriksaan secara ketat baik kepada warga binaanya maupun pengunjung, namun masih saja terdapat benda-benda terlarang  di dalam kamar para tahanan maupun narapidana.

 Seperti dalam razia atau sidak kamar hunian yang digelar Kamis (30/3) malam, dua benda pisau cutter kecil dan 10 paku bekas yang disimpan di alam lemari napi  ditemukan petugas. Petugas yang dipimpin oleh Kepala Rutan Soetopo Barutu kemudian mengamankan dua pisau cutter yang dimodifikasi tersebut.

Razia yang dilakukan ke seluruh kamar hunian tahanan dan narapidana yang saat ini dihuni 204 orang. Sidak melibatkan 22 orang petugas dan dibantu oleh enam orang CPNS Rutan Kelas II B Kebumen. Setelah apel serah terima kepala regu keamanan pukul 20.10 WIB penggeledahan diakhiri pukul 22.15 WIB.

Selain pisau cutter dan paku, petugas juga menemukan alat cukur, gelas kaca, freshcare kosong, dua botol kaca, bekas parfum, sendok stainlessm 13 batang, tempat balsem, tangkai ember, besi, senar gitar, cermin kecil, lem metal, amplas kayu, kunci gembok, ulegan sambal dari kayu, uang recehan Rp 5.500, alat potong kuku, pencabut jenggot.

Kepala Rutan Kelas II B Kebumen Soetopo Barutu mengatakan, sidak dilaksanakan untuk meminimalisir gangguan keamanan, barang-barang yang dilarang dan berbahaya di dalam rutan seperti ponsel, narkoba, senjata tajam dan sebagainya. Sidak di seluruh kamar itu diharapkan terciptanya suasana yang kondusif di dalam Rutan.

"Razia semacam ini dilaksanakan secara rutin setiap bulannya, dengan melibatkan seluruh petugas pemasyarakatan, tenaga administrasi dan petugas pengamanan," ujar Soetopo Barutu di sela-sela sidak.

Soetopo Berutu menambahkan, selain untuk melihat sejauh mana ketaatan para warga binaan dengan peraturan Rutan, razia juga dilakukan untuk mengecek sarana sarpras pengamanan lapas. "Juga untuk menyadarkan para warga binaan agar tidak melakukan perbuatan yang negatif," tandasnya.

(Supriyanto /SMNetwork /CN38 )

Let's block ads! (Why?)

http://www.suaramerdeka.com/news/detail/21377/Sidak-Petugas-Rutan-Kebumen-Temukan-Pisau-Cutter

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Sidak, Petugas Rutan Kebumen Temukan Pisau Cutter"

Post a Comment


Powered by Blogger.