Search

Jurnalis Ikuti Pelatihan Penanggulangan Bencana

KEBUMEN, suaramerdeka.com- Kementerian Sosial Republik Indonesia, menggelar pelatihan penanggulangan bencana bagi para jurnalis. Kegiatan bertajuk Bimbingan Teknis Sahabat Taruna Siaga Bencana (Tagana) itu, digelar di Hotel Mexolie, Kebumen.

Kegiatan yang digelar dalam rangkaian HUT Tagana ke-14 itu dimulai Sabtu-Senin (31 Maret sampai dengan 2 April 2018). Selain jurnalis pelatihan diikuti dari kalangan jurnalis dari berbagai media, RAPI, AMPG dan AMPI.

Kegiatan Sahabat Tagana 2018 dibuka oleh Direktur Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam (PSKBA) Kementerian Sosial, Margowiyono. Tidak cuma teori saja, peserta akan diajari bagaimana cara mendirikan tenda, dapur umum dan air bersih, juga water rescue.i

"Pelatihan ini dengan tujuan untuk meningkatkan pengetahuanwartawan dalam masalah kebencanaan. Tidak hanya simulasi, melainkan juga praktik lapangan," katanya.

Menurut Margowiyono, jurnalis dan media memiliki peran besar dalam penanganan bencana. Jurnalis tidak sekadar menyampaikan informasi bencana, namun juga ikut menstimulasi dan memobilisir bantuan, serta berbagai kebutuhan korban bencana. Para wartawan dibekali ilmu tentang konsep dan karakteristik bencana, penanganan tanggap darurat bencana, dan proses rehabilitasi sosial korban bencana.

Lanjut Margowiyono, keberadaan Sahabat Tagana sangat penting mengingat Indonesia merupakan daerah rawan bencana, sehingga diperlukan peran serta masyarakat dalam penanganan korban bencana alam. “Dalam standar operasional prosedur (SOP), Tagana harus tanggap, sigap melakukan perlindungan sosial terhadap korban bencana, begitu informasi bencana diterima” imbuhnya.

Pelatihan bagi jurnalis ini bertepatan dengan Hari Jadi Tagana ke-14 yang jatuh pada 24 Maret kemarin. Kementerian Sosial aktif membangun sinergitas dengan berbagai komunitas guna membantu korban bencana. Diharapkan, dari kegiatan Sahabat Tagana ini dapat meningkatkan upaya penanggulangan bencana alam agar lebih responsif. 

(Supriyanto /SMNetwork /CN40 )

Let's block ads! (Why?)

http://www.suaramerdeka.com/news/detail/21513/Jurnalis-Ikuti-Pelatihan-Penanggulangan-Bencana

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Jurnalis Ikuti Pelatihan Penanggulangan Bencana"

Post a Comment


Powered by Blogger.