Search

Progres Tol Pejagan-Pemalang 90%, April Rampung

SLAWI, suaramerdeka.com- Progres pembangunan Tol Trans Jawa ruas Pejagan-Pemalang sudah 90 persen dan ditarget rampung April mendatang. Dengan demikian, bulan depan tol sepanjang 57,5 kilometer tersebut bisa digunakan sepenuhnya.

Saat ini pekerjaannya dalam tahap menyelesaian adalah pembangunan jembatan di Desa Sidakaton, Kecamatan Dukuhturi.  ‘’Akhir April sudah bisa digunakan, ‘’kata Kapolres Tegal AKBP Dwi Agus Prianto didampingi Kepala Lapangan Sektor Barat PT Waskita Karya, Hendra.

Kapolres Tegal AKBP Dwi Agus Prianto mengecek pembangunan jalan to Pejagan-Pemalang, Jumat (30/3). Pengecekan itu guna memastikan kesiapan tol tersebut dilalui pemudik pada Lebaran nanti atau selama Operasi Ketupat Candi 2018.

Pengecekan mulai pintu keluar (exit) tol di Desa Kalimati, Adiwerna, dilanjutkan ke ruas jalan tol mulai Sidakaton hingga Warureja sepanjang 30 kilometer. Rombongan bersama Wakapolres Muhammad Purbaya, Kabagops Kompol Joko Wicaksono, Kabagren Kompol Mukhid dan Kasat Lantas AKP Ahmad Ghifar Al Ahfaqsyi, juga memantau pembangunan rest area di ruas tol tersebut.

‘’Pastikan sanitasi dan ketersediaan airnya. Jangan sampai tidak tersedia air bersih,’’ kata Kapolres kepada Hendra. Dengan dibangunnya tol Pejagan-Pemalang ini, diharapkan arus lalu lintas di jalur Pantura lancar.

Polres Tegal akan fokus mengurai simpul kemacetan yang diperkirakan terjadi di kota dan jalur Selatan.  Di antaranya di jalur pintu keluar tol, Adiwerna. ‘’Kalau terjadi overload kendaraan, kami tidak akan keluarkan kendaraan dari exit tol Adiwerna,melainkan dari Brexit masuk Pantura,’’ jelasnya.

Empat Rest Area

Kepala Lapangan Sektor Barat PT Waskita Karya, Hendra menyebutkan, empat rest area  dibangun di ruas tol Pejagan-Pemalang, Kabupaten Tegal. Rest area terdiri dua tipe, yakni tipe a yang dilengkapi fasilitas mushola, MCK, tempat makan dan SPBU.

Kemudian rest area tipe b yang dilengkapi fasilitas mushala, MCK dan tempat makan. Rest area ada empat, yakni di Desa Penarukan konstruksi 296 (tipe b), Desa Lebeteng konstruksi 302 (tipe a), Desa Cacaban konstruksi 308 (tipe a) dan Desa Kertasari konstruksi 317 (tipe b).

Selain menyelesaikan pemasangan slab on pile  jembatan Sidakaton, menurut Hendra, saat ini juga dilakukan percepatan pembangunan exit tol Kalimati dan pemasangan penerangan jalan umum (PJU).

Untuk exit tol Adiwerna saat ini dilakukan peninggian dan peningkatan jalan di sisi kanan dan kiri exit tol masing-masing sepanjang 200 meter dengan ketinggian 40 sentimeter. (Cessnasari)
 

(Cessnasari /SMNetwork /CN19 )

Let's block ads! (Why?)

http://www.suaramerdeka.com/news/detail/21398/Progres-Tol-Pejagan-Pemalang-90-April-Rampung

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Progres Tol Pejagan-Pemalang 90%, April Rampung"

Post a Comment


Powered by Blogger.