Search

Puluhan Bantuan Alat Pertanian Disalurkan ke Petani Brebes

BREBES,suaramerdeka.com- Puluhan unit bantuan alat pertanian dari pemerintah pusat disalurkan ke petani di Kabupaten Brebes, kemarin. Bantuan yang disalurkan melalui anggota DPR RI, Agung Widyantoro itu, diperuntukan bagi petani yang tergabung dalam Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan).

Menurut Anggota Komisi IV DPR-RI Agung Widyantoro, bantuan alat pertanian berupa alat tanam padi, traktor tangan dan pompa air itu jumlahnya 70 unit, dan disalurkan ke petani langsung melalui tiga tahap. Bantuan alat pertanian itu bersumber dari APBN tahun 2017.

"Ini merupakan penyaluran tahap terakhir. Hari ini ada 12 unit pompa air yang kami salurkan, dan besok ada 10 unit. Bantuan ini merupakan sisa dari tahun 2017 yang belum tersalurkan, dan di tahun 2018 ini kita upayakan agar petani di Brebes mendapatkan bantuan kembali," ujarnya usai penyerahan bantuan alat pertanian tersebut.

Dia mengatakan, bantuan alat pertanian itu diberikan sebagai upaya untuk meningkatkan produktivitas hasil pertanian di Brebes, baik padi, bawang merah maupun tanaman pertanian lainnya. Pemberian bantuan itu juga sebagaimana komitmen pemerintah untuk memberikan sarana dan prasarana penunjang bagi para petani dalam memproduksi hasil pertanian.

"Diharapkan, selain produksi pertanian meningkat, juga mampu mengembalikan kedulatan dan swasembada pangan Indonesia,"

Sebelum bantuan saat ini, sambung dia, sebelumnya beberapa unit bantuan alat pertanian juga telah disalurkan. Total alokasi bantuan untuk petani di Brebes pada tahun 2017 sebanyak 70 unit. Terdiri dari 10 unit alat tanam padi bagi 10 gapoktan, 10 unit traktor tangan bagi 10 gapoktan dan 50 unit pompa air bagi 50 gapoktan. Bantuan tersebut diberikan ke gapoktan dimaksudkan agar lebih tepat sasaran dan dapat dipertanggung jawabkan. Di sisi lain, bantuan juga dapat digembangkan oleh gapoktan sebagai usaha bersama para pertani yang tergabung di dalamanya.

"Untuk tahun 2018 ini, rencananya juga ada bantuan alat pertanian, dan saat ini kami masih melakukan koordinasi dengan Dinas Pertanian untuk mendata alat pertanian yang dibutuhkan petani di Brebes," pungkasnya.

(Bayu Setiawan /SMNetwork /CN38 )

Let's block ads! (Why?)

http://www.suaramerdeka.com/news/detail/21380/Puluhan-Bantuan-Alat-Pertanian-Disalurkan-ke-Petani-Brebes

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Puluhan Bantuan Alat Pertanian Disalurkan ke Petani Brebes"

Post a Comment


Powered by Blogger.