Search

IRPS Semarang Cari Jejak Stasiun KA Pertama

SEMARANG, suaramerdeka.com- Menurut sejarah perkeretaapian Indonesia, bahwa stasiun kereta api pertama di Indonesia kali pertama didirikan di Semarang, tahun 1864-1867 oleh Nederland's Indische Spoorweg (NIS). Namun keberadaan stasiun yang bernama Samarang NIS dan pernah berdiri di kawasan spoorlaan (dekat Kemijen) itu, nyaris punah. Bahkan berdasarkan informasi dari sejumlah pecinta KA, bangunan bekas stasiun tersebut, kini digunakan sebagai rumah warga. 

Hal itu yang mendorong Indonesian Railway Preservation Society (IRPS) Semarang untuk mencari jejak lagi keberadaan stasiun KA pertama di Indonesia. Sebelumnya digelar paparan sejarah KA Indonesia dan Stasiun KA pertama di Indonesia oleh pengamat sejarah KA, Tjahjono Rahardjo, di Gedung Monod Huis, Kota Lama, Semarang, kemarin. 

Setelah mendengarkan paparan dari dosen Unika Sugiyapranata Semarang itu, dilanjutkan dengan kunjungan ke lokasi yang merupakan bekas bangunan stasiun KA pertama di kawasan Spoorlaan. Rombongan IRPS Semarang diterima Ketua RT Kampung Spoorlaan, Wawan Purwanto. Selain itu juga dilakukan pemberian kenang-kenangan dari Ketua IRPS Semarang, Wisnu Widiatmoko, kepada Ketua RT, Wawan Purwanto. 

(Nugroho Wahyu Utomo /SMNetwork /CN40 )

Let's block ads! (Why?)

http://www.suaramerdeka.com/news/detail/21503/IRPS-Semarang-Cari-Jejak-Stasiun-KA-Pertama

Bagikan Berita Ini

0 Response to "IRPS Semarang Cari Jejak Stasiun KA Pertama"

Post a Comment


Powered by Blogger.