Search

Libur Paska, Kendaraan Pemudik Padati Tol Brexit

BREBES,suaramerdeka.com- Volume kendaraan pemudik dari arah Jakarta yang akan menuju beberapa kota di Jateng saat libur panjang Hari Paska mulai memadati pintu tol Brebes Timur (Brexit) dan jalur pantura Brebes-Tegal, Jumat (30/3). Untuk mengantisipasi kemacetan di ruas tersebut, jajaran Satlantas Polres Brebes menerapkan sejumlah rekayasa lalu lintas, termasuk dengan menarik arus dari gerbang tol Brexit menuju jalur pantura Brebes-Tegal.

Pantauan suaramerdeka.com di lapangan, peningkatan volume kendaraan dari arah Jakarta itu terpantau mulai terjadi sejak Kamis malam (29/3). Jumlahnya terus meningkat pada Jumat (30/2) pagi hingga siang. Di gerbang tol Brexit misalnya, antrean kendaraan yang akan keluar tol mulai terjadi pada Jumat pagi. Antrean kendaraan yang didominasi mobil pribadi dan bus itu mengular sepanjang sekitar setengah kilometer.

Sementara untuk mengurai antrean itu, petugas Satlantar Polres Brebes melakukan penarikan arus dari gerbang tol Brexit menuju jalur Pantura Brebes-Tegal. Rekayasa lalu lintas diterapkan dengan lebih mengutamakan kendaraan yang keluar tol menuju jalur Pantura.

Sejumlah pemudik yang ditemui di Gerbang Tol Brexit mengaku, kemacetan panjang terjadi di Gerbang Tol Cikarang Utama sejak Kamis malam. Akibat kemacetan itu, waktu tempuh antara Jakarta-Brebes melalui jalan tol menjadi lebih lama. Saat kondisi normal bisa ditempuh hanya lima jam, tetapi saat ini membengkak hingga 12 jam.

"Yang macet di pintu Tol Cikarang Utama. Kalau di Brexit ini meski antre, tetapi cuma sebentar," kata Siswanto (40), pemudik asal Jakarta Timur yang akan berlibur ke Semarang, kemarin.

Kasatlantas Polres Brebes AKP M Rikha Zulkarnaen mengatakan, pada libur panjang Hari Paska diprediksi memang akan terjadi lonjakan volume kendaraan dari arah Jakarta, khsusunya yang melintas di Tol Pejagan-Brebes. Pintu tol Brexit dan Pejagan menjadi fokus utama pemantauan arus lalu lintas karena rawan terjadi kepadatan arus lalu lintas. Untuk itu, pihaknya juga telah menempatkan satu pleton anggota Satlantas yang ditempatkan di sejumlah titik. Di antaranya, di tol Brexit, tol Pejajang dan arteri pantura.

"Di Brexit maupun pintu tol Pejagan masing-masing? kami siagakan satu pleton anggota. Selain itu, kami tempatkan juga di simpang tiga Brexit dan Pejagan,  termasuk di pos polisi Gedung Nasional dan Cisanggarung," ungkapnya.

Menurut dia, peningkatan volume kendaraan dari arah Jakarta itu mulai terlihat sejak Kamis malam. Namun peningkatan yang terjadi masih dapat diantisipasi sehingga arus kendaraan yang keluar tol menuju jalur pantura masih lancar. "Volume kendaraan tol ini meningkat karena warga yang akan mengisi liburan ke Jateng atau Jatim memilih melalui tol. Untuk itu, kami siagakan petugas arus tetap lancar," pungkasnya. 

(Bayu Setiawan /SMNetwork /CN38 )

Let's block ads! (Why?)

http://www.suaramerdeka.com/news/detail/21379/Libur-Paska-Kendaraan-Pemudik-Padati-Tol-Brexit

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Libur Paska, Kendaraan Pemudik Padati Tol Brexit"

Post a Comment


Powered by Blogger.