Search

Pedaringan Akan Disulap Jadi Kawasan Bisnis

SOLO,suaramerdeka.com– Pemkot Surakarta akan menata ulang kawasan Pusat Perdagangan Kota (PPK)di Kentingan, Jebres, Solo. Pemkot akan membangun Convention Hall dan Expo Center, sebagai program pengembangan di kawasan Solo utara menjadi central business district (CBD) atau daerah pusat kegiatan.

Rencana penataan yang pernah dilontarkan beberapa  waktu lalu akan segera direalisasikan menyusul dikantonginya izin pendirian Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) oleh Pemkot Surakarta.

"Izin pendirian SPBU sudah kami terima. Tinggal membangun saja," kata Wali Kota FX Hadi Rudyatmo, Rabu (28/3). Menurut Wali Kota, izin tersebut diterbitkan Pertamina dan diterima Pemkot sejak tahun lalu.

Izin dari Pertamina itu, kata Rudy, menjadi kelengkapan terakhir yang harus disiapkan sebelum pembangunan SPBU milik Pemkot itu dimulai. "Rencananya SPBU dibangun di lahan yang sekarang dipakai untuk aktivitas ekspedisi."

Pembangunan SPBU juga menjadi bagian dari rencana penataan ulang kawasan, yang semula bernama Pusat Perdagangan Kota (PPK) Pedaringan itu. Wali Kota menerangkan, penataan itu akan diserahkan Pemkot kepada manajemen Perusda Pergudangan Aneka Usaha selaku pengelola Pedaringan.

Kawasan Bisnis

Tak hanya SPBU,  Pemkot juga menginginkan adanya sebuah gedung pertemuan (convention hall) di kawasan seluas 9,2 hektare tersebut.  Sesuai rencana Pemkot akan membangun Convention Hall dan Expo Center. Guna mendapatkan desain terbaik, Pemkot menggelar sayembara desain pembangunan Convention

Rencana pembangunan Convention Hall dan Expo Center di Pedaringan merupakan program Pemkot dalam pengembangan di kawasan Solo utara menjadi central business district (CBD) atau daerah pusat kegiatan.

Harapannya Pedaringan bisa berkembang menjadi kawasan bisnis yang menjanjikan. "Jadi kawasan Pedaringan ke depan akan semakin ramai. Tidak seperti sekarang, yang hanya menjadi pusat pergudangan saja. Potensi usaha lainnya juga ikut dikembangkan," jelas Rudy.

Sekretaris Daerah (Sekda) Budi Yulistianto menerangkan, pengembangan Pedaringan merupakan salah satu program Pemkot untuk memajukan kawasan Solo utara. Pemkot pun telah memberikan wewenang kepada pengelola untuk mengembangkan kawasan tersebut.

"Sayembara desain convention hall sudah digelar. Hasilnya bisa digunakan untuk menyusun detail engineering design (DED)," terang Sekda.

(Agustinus Ariawan /SMNetwork /CN38 )

Let's block ads! (Why?)

http://www.suaramerdeka.com/news/detail/21294/Pedaringan-Akan-Disulap-Jadi-Kawasan-Bisnis

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Pedaringan Akan Disulap Jadi Kawasan Bisnis"

Post a Comment


Powered by Blogger.