Search

Nelayan Klaim Cantrang Ramah Lingkungan

TEGAL, suaramerdeka.com- Sejumlah nelayan cantrang di Kota Tegal yakin alat tangkap cantrang yang sudah digunakan selama puluhan tahun untuk menangkap ikan tersebut masih ramah lingkungan. Keyakinan itu bukan tanpa alasan, namun sudah melalui praktik dan kajian mendasar.

‘’Bahkan jika mengenai karang, bukan karangnya yang rusak, tapi cantrangnya,’’ kata Perwakilan Hadi Santoso, dalam forum sosialisasi Bidang Kemaritiman dengan tema ‘’Menjaga Kelestarian Ekosistem Sumber Daya Ikan Laut’’ yang digelar Kementerian Komunikasi dan Informatika (KemKominfo) di Hotel Bahari Inn, Rabu (28/3).

Kegiatan yang difasilitasi oleh Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Tegal yang dikomandoi Kepala Dinas Markus Wahyu Priyono itu, hadir puluhan nelayan dan tokoh nelayan perwakilan cantrang.

Tidak hanya itu, kapal nelayan juga sudah semakin canggih dengan dilengkapi tekonologi terkini. Seperti GPS, kompas, peta dan lain-lain sehingga mampu memetakan wilayah termasuk untuk menghindari kerusakan.

Namun Hadi Santoso menilai sosialisasi tersebut tidak tepat sasaran karena KemenKominfo tidak berkaitan langsung dengan nelayan cantrang. Ia juga menyebut buku yang dibagikan kepada nelayan dengan berbahasa Inggris tidak mampu dipahami oleh nelayan.

Direktur Layanan Informasi Internasional Kemkominfo Bambang Gunawan menyampaikan pihaknya hanya melaksanakan fungsi kehumasan pemerintah.  Kemenkominfo memiliki tanggung jawab untuk turut serta menyampaikan program-program pemerintah kepada masyarakat.

‘’Dan kebetulan didalam Direktorat Layanan Informasi Internasional memiliki tugas untuk mensosialisasaikan informasi yang terkait dengan masalah kemaritiman dan salah satunya mengangkat kelestarian sumber daya laut,’’ kata dia.

Bambang menilai dialog cukup hidup karena terjadi interaksi yang cukup baik walaupun sempat memanas, namun dinilainya cukup interaktif.  ‘’Ada masukan yang disampaikan, dengan demikian kami bisa mengetahui secara langsung apa yang terjadi di masyarakat,’’ katanya. 

(Tresno Setiadi /SMNetwork /CN41 )

Let's block ads! (Why?)

http://www.suaramerdeka.com/news/detail/21418/Nelayan-Klaim-Cantrang-Ramah-Lingkungan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Nelayan Klaim Cantrang Ramah Lingkungan"

Post a Comment


Powered by Blogger.