Search

BBPOM Sita Ribuan Kemasan Susu Bubuk di Tegal dan Brebes

TEGAL, suaramerdeka.com- Ribuan kemasan susu bubuk kambing etawa yang beredar di wilayah Kabupaten Tegal dan Kabupaten Brebes disita tim gabungan Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Semarang dan Direskrimsus Polda Jateng, Rabu (28/3). Petugas menyita produk itu, karena diduga tidak memiliki izin edar.  

Kali pertama petugas menyita ribuan kemasan susu bubuk kambing etawa di wilayah Kabupaten Tegal. Berawal dengan melakukan penyisiran dan pengerebekan di dua lokasi. Yakni, dua distributor di Kota Slawi dan sebuah industri rumahan di Desa Wangandawa Kecamatan Talang. Di lokasi tersebut, petugas berhasil menyita sebanyak 2.229 kotak susu kambing kemasan. Setelah itu, petugas melakukan pengembangan dan berhasil menyita sebanyak 771 kotak susu kambing kemasan yang sama di wilayah Kabupaten Brebes.

Kepala BBPOM Semarang, Endang Pudjiwati mengatakan, pihaknya telah mengendus praktik produksi susu kemasan tanpa izin edar itu berkat adanya laporan masyarakat. Dari hasil pengecekan, pihaknya mencurigai kode produksi yang tertera dalam kemasan susu kambing ternyata merupakan kode produksi susu merek lain. "Totalnya kami menyita sebanyak 2.800 kota susu kemasan tanpa izin edar ini dari wilayah Kabupaten Tegal dan Brebes," terangnya kepada wartawan.

Menurut dia, selain tanpa izin edar, sarana produksi juga tidak memenuhi persyaratan sanitasi dan hygienitas. Sehingga dikhawatirkan berbahaya jika di komsumsi. Apalagi susu kemasan itu dianjurkan untuk ibu hamil dan menyusui. Padahal kondisi ibu hamil dan menyusui rentan akan mengalami keracunan jika susu tersebut tercemar bahteri. "Dari keterangan yang kami dapat, industri rumahan susu kemasan ini sudah memproduksi hampir dua tahun lalu, dan setiap datang permintaan bisa memproduksi hingga 20.000 kotak," ungkapnya. 

Petugas Penyidik dari BBPOM Semarang, Firman Erry Probo menambahkan, susu bubuk yang memiliki merek dagang bernama Aumom itu diedarkan melalui online. Meski tak berijin edar, namun peredaraannya sudah menyebar ke sejumlah daerah hingga ke Jawa Timur. "Ternyata Tegal dan Brebes juga banyak ditemukan. Di Brebes merupakan gudang penyimpanan dan produksinya di Tegal," katanya.

(Bayu Setiawan /SMNetwork /CN40 )

Let's block ads! (Why?)

http://www.suaramerdeka.com/news/detail/21182/BBPOM-Sita-Ribuan-Kemasan-Susu-Bubuk-di-Tegal-dan-Brebes

Bagikan Berita Ini

0 Response to "BBPOM Sita Ribuan Kemasan Susu Bubuk di Tegal dan Brebes"

Post a Comment


Powered by Blogger.