Search

Pengusaan Iptek untuk Kedaulatan Sumber Daya Alam 

SEMARANG,suaramerdeka.com- Kekayaan sumber daya alam Bangsa Indonesia menuntut pengusaan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek). Sebab, jika tidak diperhatikan dengan baik justru, akan membawa keburukan bagi masyarakat.  Hal itu dikemukakan Ketua Umum ICMI, Prof Dr Jimly Asshiddiqie, usai pembukaan Forum ICMI Leadership Training (ILT) 2018, di Hotel Noormans, Sabtu (31/3).

‘’Jika suatu negara memiliki sumber daya alam melimpah,  sedang penduduknya tidak menguasai iptek  maka kekayaan itu bukan lagi rahmat. Tapi bisa jadi malapetaka. Bahkan rebutan dan bancakan negara lain dengan cara menjajahnya,’’ tutur Mantan Ketua MK itu.

Tak kurang forum itu juga mengundang Mantan Mendikbud Prof Dr M Nuh. Kemudian juga pembicara Dr Adian  Husaini (Universitas Ibnu Khaldun),  dan Dr M Nur  (Undip). Selain itu dari kalangan tokoh masyarakat Ustad Hasan Lubis (Mualaf Center Indonesia) dan KH Anang Rizka Masyhadi (Ponpes Modern Tazakka). Adapun sebagai moderator Dekan Fakultas Ekonomika Bisnis (FEB) Undip Dr Suharnomo.

Jimly mengaku ingin menggugah semua pihak terkait persoalan ini. Utamanya juga memperkuat penguasaan Iptek untuk mempertahankan kedaulatan sumber daya alam milik Bangsa Indonesia. Kiprah ICMI salah satunya diharapkan bisa memenuhi keinginan tersebut.

‘’Penjajah itu inginnya memang menguasai negara kaya SDA. Tidak ada yang mau menjajah negera miskin. Indonesia pada akhirnya harus mampu mempertahankan kedaulatan sumber daya alamnya,’’ terang pria kelahiran Palembang itu didampingi Ketua Panitia Dr Abdul Syakur.

Hal lain yang tak boleh dilupakan bangsa ini yakni membangun keimananan, ketaqwaan, organisasi dan kebudayaan. Organisasi, bagian yang tak boleh disepelekan karena aktif didalamnya akan didapatkan pembelajatan mengenai kerja sama, jaringan, dan proses mencapai berbagai hasil. Adapun budaya, lekat dengan kejernihan hati nurani manusia.

M Nuh menambahkan kelangsungan hidup manusia dan organisasi sangat ditentukan dari kemampuan beradaptasi. Mereka yang sepenuhnya bisa beradaptasi akan menciptakan banyak lompatan termasuk tidak bakal hilang digilas zaman. 

(Hartono Harimurti /SMNetwork /CN38 )

Let's block ads! (Why?)

http://www.suaramerdeka.com/news/detail/21494/Pengusaan-Iptek-untuk-Kedaulatan-Sumber-Daya-Alam

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Pengusaan Iptek untuk Kedaulatan Sumber Daya Alam "

Post a Comment


Powered by Blogger.