Search

KIM Miliki Fungsi Tingkatkan Literasi Masyarakat di Bidang Informasi

WONOSOBO, suaramerdeka.com- Terkait terbentuknya Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) tingkat kabupaten oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Wonosobo, Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Diskominfo Wonosobo, Bambang Sutejo menambahkan, bahwa hal itu sesuai dengan tujuan dari pembentukan KIM diatur dalam Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) RI Nomor 08/PER/M.KOMINFO/6/2010 tentang Pedoman Pengembangan dan Pemberdayaan Lembaga Komunikasi Sosial.

KIM memiliki lima fungsi utama, yakni sebagai wahana informasi publik, mitra dialog dengan pemerintah baik di tingkat kabupaten, provinsi hingga pemerintah pusat dalam rangka perumusan kebijakan publik. “Kemudian KIM juga memiliki fungsi untuk Peningkatan Literasi Masyarakat di Bidang Informasi dan Media Masa serta Teknologi Informasi dan Komunikasi di kalangan anggota KIM dan Masyarakat, serta sebagai lembaga yang memiliki nilai ekonomi," tutur dia. 

Dalam rangka mendukung fungsi-fungsi tersebut, Bambang mengaku telah mengajak KIM untuk mengembangkan potensi diri dengan salah satunya dengan mengikuti pelatihan Sesorah Basa Jawa. “Kemampuan berbahasa Jawa secara baik, nantinya akan sangat bermanfaat bagi pola komunikasi yang efektif dengan lingkungan masyarakat di masing-masing desa di Kabupaten  Wonosobo,” tegasnya.

Perlu diketahui pembentukan kepengurusan KIM Kabupaten dibutuhkan guna memudahkan koordinasi antara pihak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wonosobo dengan KIM di setiap wilayah se-Wonosobo. Untuk saat ini jumlah KIM yang telah terbentuk di 15 kecamatan mencapai 45 kelompok di 45 desa atau kelurahan.

(M Abdul Rohman /SMNetwork /CN40 )

Let's block ads! (Why?)

http://www.suaramerdeka.com/news/detail/21020/KIM-Miliki-Fungsi-Tingkatkan-Literasi-Masyarakat-di-Bidang-Informasi

Bagikan Berita Ini

0 Response to "KIM Miliki Fungsi Tingkatkan Literasi Masyarakat di Bidang Informasi"

Post a Comment


Powered by Blogger.