Search

Uji Penerbangan di Kertajati Untuk Pastikan Kesiapan Operasional

BANDUNG, suaramerdeka.com- Menjelang pengoperasian pada Juni mendatang, Bandara Kertajati, Kabupaten Majalengka tengah menjalani serangkaian uji penerbangan. 

Pengujian itu di antaranya berupa kalibrasi terhadap instrumen navigasi sebagai panduan pesawat melakukan pergerakan di Kertajati.

Sedianya, pesawat kalibrasi Beechcraft King Air milik Kemenhub melakukan pendaratan perdana pada Rabu (28/3) kemarin. 

Hanya saja, bandara masih belum dinilai steril sepenuhnya karena gangguan minor. Di antaranya masih ada orang yang melintas runway, aktivitas menggembala ternak, dan sejumlah titik di areal runway yang belum terpagar.

Temuan ini kemudian menyebabkan kegiatan approving flight itu belum bisa dilakukan. "Ini segera kita bereskan," kata Dirut PT BIJB, Virda Dimas.

Karena itu, dia optimistis proses pengujian tersebut dapat dilakukan secepatnya. Menurut rencana, prosesi itu bakal berlangsung pada Kamis (29/3).

Dengan demikian, seluruh instrumen navigasi difungsikan untuk mengetahui keandalannya termasuk komunikasi dari menara Air Traffic Control (ATC) Kertajati yang dikelola Airnav.

Langkah itu juga akan mengecek instrumen pendaratan lainnya seperti airfield lighting system dan rambu-rambu di runway untuk memudahkan pergerakan pesawat di runway sepanjang 2500x60 meter itu.

"Jadi semua peralatan, ini kan untuk panduan, dikalibrasi sebelum benar-benar dapat digunakan untuk menunjang operasional Kertajati," kata Virda Dimas.

(Setiady Dwi /SMNetwork /CN41 )

Let's block ads! (Why?)

http://www.suaramerdeka.com/news/detail/21141/Uji-Penerbangan-di-Kertajati-Untuk-Pastikan-Kesiapan-Operasional

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Uji Penerbangan di Kertajati Untuk Pastikan Kesiapan Operasional"

Post a Comment


Powered by Blogger.